Bos Wong Solo Group Dorong Perempuan jadi Pebisnis Sukses

SOLO, KRJOGJA.com – Pengusaha sukses yang menekuni bisnis dari bawah, Puspo Wardoyo mendorong kalangan perempuan untuk lebih aktif berbisnis.

"Kalangan perempuan kodratnya lebih teliti, dengan tips sukses berbisnis seperti harus fokus dan tekun. Bakal semakin banyak bermunculan kader wanita pengusaha yang sukses,"ujar owner ratusan gerai ayam bakar ' Wong Solo' H Puspo Wardoyo ketika membagi ilmu rahasia sukses bisnis di hadapan ratusan ibu- ibu di gerai ayam bakar Wong Solo, Sabtu (19/10/2019).

BACA JUGA :

Kunci Utama Sukses Bisnis Puspo Wardoyo Tekun dan Sedekah

Puspo Wardoyo Peringkat Teratas Polling Pilwakot Solo

Menurut Puspo, kunci dalam berbisnis diantaranya bekerja sama. "Jika harus menjalin kerjasama, harus dengan orang yang sudah berkompeten di bidangnya. Sehingga apa yang dijalankan benar-benar bisa serius." paparnya.

"Dalam bisnis itu tidak boleh coba-coba. Kalau memang sudah memutuskan berbisnis sesuatu, ya kita harus fokus dan tekun. Karena itu, kalau misal harus kerjasama, kita harus menggandeng orang yang sudah ahli di bidang itu. Jangan salah pilih orang. Kalau sampai salah pilih, bisnis tidak akan bisa bertahan lama," ungkap Puspo Wardoyo. 

Hal lain yang juga ditekankan oleh Puspo adalah ketaatan menjalankan syariat agama. Karena menurut Puspo Wardoyo, bisnis itu tidak hanya melulu persoalan material. "Tapi aspek spiritual juga punya pengaruh besar. Dan itu bisa dipenuhi dengan taat beribadah, terutama bersedekah." tutur Puspo yang dikenal menyedekahkan hingga 30 persen dari keuntungannya dari berusaha.

Dengan ikhlas bersedekah, meski terpaan ujian sempat mendera bisnisnya, pihak Puspo Wardoyo senantiasa bersyukur, alhamdulillah bisnis yang dikelolanya terus eksis bahkan meningkat pundi-pundi bisnisnya.

"Saya selalu menerapkan syariat agama dengan kuat di semua gerai saya. Jadi selain ibadah wajib, tiap pagi saya juga mensyaratkan salat dhuha pada semua karyawan. Dengan begitu ketaatan mereka akan terus terjaga. Dan satu hal yang juga tidak boleh ditinggalkan adalah zakat atau sedekah," tambah Puspo Wardoyo.

Pertemuan yang digelar di gerai Ayam Bakar Wong Solo, terlihat begitu semarak. Pasalnya para hadirin yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga serta ibu-ibu yang memulai sebuah usaha, antusias silih berganti bertanya soal tips-tips agar sukses berbisnis, dengan gaya jenaka khas ibu-ibu rumah tangga. Tidak jarang Puspo Wardoyo harus tertawa lepas mendengar 'curhatan' para ibu, yang mengaku kerap gagal dalam berbisnis.  ( Hwa )

BERITA REKOMENDASI