Budidaya Sorgum Digalakkan Lagi, Ternyata ada Lima Manfaat Bila Mengkonsumsinya

2. Kandungan Protein Lebih Tinggi

Sorgum Bioguma, terangnya, mempunyai keunggulan bijinya dapat diolah menjadi tepung untuk bahan kue makanan lainnya. Menurut penelitian, tepung sorgum memiliki kandungan protein lebih dari 9%, kandungan glukosa rendah, Fe tinggi dan yang penting adalah gluten free.

“Kita tahu alih fungsi hutan menjadi lahan perkebunan dan pertanian dalam jumlah besar akan menurunkan fungsi infiltrasi dan cadangan air tanah. Dampak selanjutnya, sungai kering di musim kemarau dan lahan pertanian menjadi tidak produktif. Akibatnya, pendapatan petani menjadi rendah, sementara pemenuhan kebutuhan yang semakin meningkat,” katanya.

Keterbatasan sumber pendapatan petani menyisakan persoalan kemiskinan jangka panjang. Pemenuhan kebutuhan pokok keluarga menjadi sangat minim terutama kebutuhan akan makanan yang sehat.

“Keluarga pra sejahtera yang kurang dapat memperhatikan kualitas asupan makanan untuk anak-anaknya akan menimbulkan dampak lebih lanjut yaitu anak-anaknya yang mengalami stunting atau gizi buruk,” ujar Sudaryanto yang juga alumni Fakultas Biologi UGM ini.

BERITA REKOMENDASI