Bulog Adakan Operasi Pasar Cabai

SEMARANG (KRjogja.com) – Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah melakukan operasi pasar untuk mengendalikan harga, khususnya komoditas cabai.

Operasi pasar cabai yang dilaksanakan di Pasar Waru Semarang tersebut seiring dengan masukan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jateng karena sejauh ini komoditas tersebut memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap inflasi di Jawa Tengah. 

"Kontribusi komoditas cabai terhadap laju inflasi Jawa Tengah cukup tinggi," kata Wakil Kepala Bulog Divre Jateng Ramlan UE di sela kegiatan operasi pasar di Semarang, Minggu (18/12/2016). 

Karena itu, lanjut dia, sesuai dengan fungsinya Bulog ikut berperan untuk menstabilkan harga cabai melalui kegiatan operasi pasar. Operasi pasar untuk cabai ini pertama kali dilakukan oleh Bulog. 

Sebelumnya, Bulog telah aktif melakukan operasi pasar untuk komoditas pokok lain, di antaranya bawang merah dan gula pasir. Pada pelaksanaan yang pertama tersebut, Bulog bekerja sama dengan Dinas Pertanian terkait dengan pengadaan barangnya. Beberapa jenis cabai yang dijual pada operasi pasar tersebut, di antaranya cabai rawit merah, rawit hijau, dan keriting merah. 

Cabai rawit hijau dijual dengan harga Rp42 ribu per kilogram dari harga pasaran saat ini yang berada di kisaran Rp45 ribu s.d. Rp60 ribu/kg. Cabai rawit merah dijual Rp52 ribu/kg dari harga pasaran Rp60 ribu s.d. Rp65 ribu/kg, dan cabai keriting merah dijual Rp43 ribu/kg dari harga pasar saat ini, yaitu Rp50 ribu s.d. Rp58 ribu/kg. (*)

BERITA REKOMENDASI