CCEP Indonesia – Serabut Nusa Luncurkan UMKM Berdaya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia meluncurkan program “UMKM Berdaya” untuk membantu pengembangan usaha kecil dan menengah di Semarang dan sekitarnya.

Berkolaborasi dengan Serabut Nusa, kegiatan itu diwujudkan dalam bentuk bantuan permodalan, peningkatan manajemen produksi, dan dukungan pemasaran.

Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia Armytanti Hanum Kasmito mengatakan “UMKM Berdaya” merupakan penghargaan bagi usaha kecil dan menengah yang terbukti mampu menggerakkan ekonomi di masa krisis. “Sebagai pilar pertumbuhan ekonomi nasional UMKM terbukti berdaya menghadapi krisis, utamanya di masa pandemi saat ini,” katanya, Rabu 10 November 2021.

Meski demikian, para pelaku UMKM itu harus berhadapan dengan sejumlah kendala untuk berkembang. Di antaranya keterbatasan modal, peningkatan kualitas dan manajemen produk, serta pemasaran. Sebagai perusahaan yang memiliki perhatian terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi, maka CCEP Indonesia berkomitmen untuk terlibat dalam upaya mengurangi persoalan yang dihadapi UMKM. “Mereka pahlawan ekonomi, sudah selayaknya kita bahu-membahu memberi dukungan,” katanya.

Tak hanya di Jawa Tengah, ia melanjutkan, sebelumnya CCEP Indonesia juga pernah menggelar “Medagang Kreatip” untuk mendukung keberlangsungan usaha kecil dan menengah di Bali. Program yang berlangsung pada pertengahan 2021 itu berhasil menjaring puluhan UMKM terdampak pandemi di Pulau Dewata. “Bekerja sama dengan satu lembaga pengembangan bisnis progam ini mendapat sambutan positif dari pelaku usaha,” katanya.

Sementara itu, Serabut Nusa merupakan perusahaan rintisan yang berpusat di Kabupaten Semarang. Digawangi sekelompok anak muda, mereka memfokuskan diri pada platform pengembangan bisnis UMKM dan menyediakan ruang pemasaran produk, baik secara offline maupun online.

“Dunia pemasaran berkembang pesat, maka selain memberikan pendampingan untuk meningkatkan manajemen produksi, kami sekaligus memfasilitasi jalur pemasarannya,” kata Founder Serabut Nusa Dimas Herdy Utomo.

Menurut dia, banyak makanan dan minuman produk UMKM yang berpotensi menarik perhatian konsumen meski terdapat kendala pada proses pengemasan dan jaminan higienitasnya. Melalui program UMKM Berdaya, diharapkan persoalan semacam itu bisa teratasi. “Sekaligus tercipta kesempatan untuk memperluas pemasaran,” katanya.

Meski demikian, ia tak memungkiri, di lapangan kerap menemui persoalan berbeda-beda pada masing-masing UMKM. Untuk itu, ia melanjutkan, Serabut Nusa mempersiapkan tim kurasi produk dan UMKM sebelum memberikan pendampingan. “Dengan cara itu, tawaran solusi yang diberikan diharapkan tepat sasaran,” katanya.

 

 

BERITA REKOMENDASI