Distribusi, Tantangan Pelaku UMKM

https://www.krjogja.com/web/news/read/44517/SEO_Bisa_Buat_Produk_UMKM_Lebih_LakuYOGYA, KRjogja.com – Satu lagi kesalahan para pemilik UMKM yang dikoreksi oleh para pakar digital marketer dalam Seminar Jogja Digital Marketer Summit and Expo (JDMSE) 2017. Ternyata kebiasaan para pemilik bisnis UMKM yang terlalu fokus pada produk tak sepenuhnya tepat. Tantangan yang sebenarnya ada pada persoalan distribusi.

Riyeke Ustadiyanto menekankan pada para pemilik UMKM yang hadir dalam seminar JDMSE untuk terlebih dahulu membangun channel distribusi. "Kebanyakan owner UMKM ini menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk desain logo, bayar konsultan, promoting. Itu habis berapa? Fokuslah pada Return On Investment dulu, nanti hasilnya akan cepat naik," ujar Riyeke, Kamis (21/09/2017).

Baca Juga : 

Misteri ‘Demit Facebook’ Terpecahkan di JDMSE
SEO Bisa Buat Produk UMKM Lebih Laku
Jogja Digital Marketer Summit & Expo, Tunjukkan Besarnya Potensi UMKM Online
Kesalahan yang Sering Dilakukan Digital Marketer

Dalam seminar tersebut Riyeke juga memberi tips beriklan pada pemilik bisnis UMKM bermodal sedikit. Selain fokus dan sabar dalam bermain Search Engine Optimalization (SEO), para pemilik UMKM diarahkan untuk fokus pada penguatan impresi di iklan mereka.

"Anda tidak butuh seratus ribu user, anda butuh 10 user yang loyal pada produk anda. Endorse selebgram mahal. Kasihkan saja 100 produk pada 100 orang yang punya influence kuat di instagram. Abis itu rajin ngepost," ujar pria pemilik bisnis Ipayment itu.

Ada satu tips yang cukup membuat para peserta tercerahkan, yakni tips bermain pada pasar premium. Riyeke mengatakan tenaga yang dikeluarkan untuk memasarkan produk murah dan mahal sama saja. 

"Berani memasarkan produk mahal, nanti dapatnya juga banyak. Masalahnya sekarang ini jualan murah udah banyak pesaingnya dan energi yang dihabiskan pun sama," terangnya.

Pakar Search Engine Optimalization Ibrahim Vatih menambahkan biaya iklan yang murah akan membuat harga jual UMKM bisa bersaing dengan marketplace. Salah satu iklan yang murah adalah dengan Search Engine Optimalization (SEO). Bahkan SEO dapat membuat produk UMKM mendapat kemungkinan lebih besar untuk terjual dengan cepat.

"SEO bisa menjual apa saja bahkan barang yang kurang laku di sosial media atau di marketplace. Seperti otomotif, properti, itu kecil di sana tapi di SEO bisa sangat besar peluangnya," jelas Ibrahim Vatih, seorang pakar SEO. Namun Vatih menerangkan untuk menggunakan SEO sebagai tools penjualan produk harus berlatih dengan sabar. Semua yang berkaitan dengan SEO tak bisa instan.

"Kuncinya sabar. Sabar sedikit akan hemat biaya ketimbang pakai platform lain. SEO juga lebih awet, kuat dan tahan lama. Setelah itu owner bisa fokus ke produksi," tegas Vatih. (MG – 07)

BERITA REKOMENDASI