DSC 2019 Ajang Kompetisi Calon Wirausaha Muda

JAKARTA, KRJOGJA.com – Diplomat Success Challenge (DSC)  yang diselenggarakan Wismilak Foundation, mewadahi para wirausaha muda di seluruh Indonesia untuk saling mengadu kemampuan.

Demikian penggagas yang juga Marketing Community & Event Manager Wismilak Edric Chandra ,di Jakarta,Rabu (24/7 2019). Dia menjelaskan pada tahun ke-10 ini telah masuk ribuan proposal bisnis dari kategori agrobisnis, kriya & fashion, juga teknologi terapan, dengan peserta 80 persen didominasi kaum milenial berusia 20-25 tahun.

"UGM ,UNY serta beberapa perguruan tinggi akan ada agenda roadshow  antar kampus yang akan dimulai di akhir Juli hingga Agustus di 9 kota. Akan ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan ini," jelasnya.

Di kesempatan roadshow di Jakarta ini, para peserta akan diberikan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X.”  ujar Edric.

Pada perhelatan DSC|X tahun 2019 ini telah menerimaribuan proposal, namun begitu waktu penerimaan proposal ide bisnis peserta masih terbuka hingga 17 Agustus mendatang. Sejauh ini demografi peserta terbesar masih di Pulau Jawa, dengan proposal bisnis terbanyak berasal dari Jawa Tengah disusul Jawa Timur.

Proposal bisnis dari propinsi Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi serta kawasan Timur Indonesia lainnya juga sudah cukup banyak masuk. Ini adalah hal yang menggembirakan, sesuai dengan ekspektasi DSC bahwa program ini bisa dijangkau dan diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk kategori bisnis, kategori usaha Makanan dan Minuman masih menjadi kategori bisnis yang paling diminati. 

Hal ini lumrah, mengingat pertumbuhan industri ini di Indonesia sangat tinggi. Selain itu, kategori start-up digital, menjadi kategori yang juga diminati banyak pendaftar DSC untuk tahun ini. 

Hingga saat ini, DSC X 2019 juga sudah menerima proposal bisnis dari kategori agrobisnis, kriya & fashion, juga kategori teknologi terapan. Untuk usia peserta, lebih dari 80% pendaftar DSC|X tahun 2019 adalah kaum milenial, dengan 80% diantaranya berusia 20-25 tahun. 

Hal ini membuktikan bahwa anak muda Indonesia saat ini tidak lagi berorientasi sebagai job-seeker, tetapi lebih kepada job creator alias pencipta lapangan kerja.

Roadshow DSC|X Jakarta dihelat di Estubizi Business Center, sebuah ruang kerja bersama yang digagas oleh Benyamin Ruslan bersama Simaeru Indonesia Raya untuk mendukung penggiat startup dan UKM agar mampu mengembangkan bisnis dan berjejaring serta berkolaborasi secara kreatif antar para wirausawan.(ati)

BERITA REKOMENDASI