Duh.. Virus Corona Bikin Orang Takut Jalan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Staf Ahli Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional Kementerian Keuangan, Suminto menyebut bahwa dampak virus Corona sudah menjadi perhatian negara-negara G20. Sebab, virus asal China ini berpotensi mengganggu pertumbuhan ekonomi global.

“Virus Corona menjadi perhatian seluruh anggota G20. Karena dampak terhadap ekonomi berpengaruh besar,” kata dia, Senin (2/3/2020).

Dia mengatakan, pada pertemuan G20 di Arab Saudi beberapa waktu lalu, semua anggota G20 telah membahas berbagai isu global. Salah satunya yakni dampak virus Corona terhadap ekonomi global.

“Jadi kalau istilah IMF dampak virus Corona, salah satu persoalannya corona mendistribusi rantai pasok. Juga berakibat menggerus kepercayaan. Dengan virus Corona orang takut untuk jalan,” kata dia.

Pertumbuhan ekonomi global pada 2019 sendiri sebesar 2,9 persen di tengah kondisi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Diharapkan pertumbuhan di 2020 lebih membaik dibandingkan tahun sebelumnya, ekonomi global pun dipatok 3,3 persen.

Namun, adanya virus Corona yang muncul di 2020 menjadi ancaman bagi negara-negara G20. Kekhawatiran itu kemudian membuat beberapa negara menerpakan berbagai kebijakan untuk mengantisipasi tekanan terhadap dampak pertumbuhan masing-masing negara.

“Tantangan global memerlukan solusi global. Termasuk misalnya corona virus sudah menyebar secara global, dan membutuhkan masukan global,” tandas dia.(*)

BERITA REKOMENDASI