Dukung UKM Kelola Keuangan di Masa Krisis, Jurnal Berikan Solusi Automasi

PANDEMI covid – 19 yang semakin meluas di Indonesia membuat pemberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tidak hanya di kota – kota besar saja. Imbasnya, memukul perekonomian Indonesia tidak hanya secara makro, tetapi sektor usaha kecil dan menengah menjadi salah satu yang paling terdampak.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia per 17 April 2020, sebanyak 37.000 UKM di seluruh Indonesia telah terkena dampak covid – 19 dengan berbagai alasan dari penurunan penjualan, permasalahan modal, permasalahan distribusi, sulitnya mendapatkan bahan baku hingga tunggakan kredit. Dengan mayoritas usaha yang bersifat harian dan mengandalkan interaksi fisik, adanya PSBB ini tentunya mengganggu operasional.

Mengatasi persoalan ini, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan subsidi yang diharapkan dapat membantu UKM seperti subsidi bunga kredit UKM melalui bank, subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR), hingga subsidi bunga kredit UKM online dan koperasi. Tetapi dengan belum adanya kepastian kapan pandemi ini akan berakhir di Indonesia, pemilik usaha pun tetap harus melakukan evaluasi dan menyusun ulang strategi bisnisnya agar bertahan dan melaju cepat saat pandemi berakhir. Adaptasi teknologi bisa menjadi salah satu strategi yang diterapkan dengan cepat dan mudah.

Q

BERITA REKOMENDASI