Ekpor Produk Halal Indonesia Hanya USD7,6 Miliar

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ( Sesmenko) Susiwijono mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia yakni 87,2 persen dari 268 juta penduduk (2019), atau 13 persen dari seluruh muslim dunia.  Kebutuhan produk halal Indonesia sangat besar, dan juga membutuhkan industri halal yang juga besar.

Ekspor produk halal dari Indonesia ke negara negara OKI sebesar 10,7 persen. Sedangkan ekspor produk halal Indonesia ke pasar global hanya 3,8 persen atau sekitar 7,6 miliar dolar AS. Untuk mengembangkan potensi produk atau industri halal di Indonesia dan memenuhi kebutuhan pasar global diperlukan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) yang menghasilkan produk halal serta perlu adanya jaminan produk halal untuk konsumen dalam negeri maupun luar negeri.

“Untuk memenuhi kebutuhan pasar global diperlukan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) yang menghasilkan produk halal serta perlu adanya sertifikasi atau jaminan produk halal untuk konsumen dalam negeri maupun luar negeri,” kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ( Sesmenko) Susiwijono, pada acara diskusi mendorong pengembangan industri halal leeat UU Cipta Kerja, secara virtual, di Jakarta, Selasa (24/11).

BERITA REKOMENDASI