Ekspor Mebel dan Kerajinan DIY Diprediksi Naik 30 Persen

YOGYA, KRJOGJA.com – Ekspor pelaku bisnis mebel dan kerajinan dari DIY mengalami peningkatan di masa pandemi. Hal ini merupakan salah satu dampak perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China sebab Indonesia bisa menjadi negara ketiga yang bisa menggantikan ekspor ke kedua belah pihak negara dengan komoditas ekspor mebel dan kerajinannya.

Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Komda DIY Timbul Raharjo mengatakan memang terjadi peningkatan penjualan selama masa pandemi Covid-19, termasuk ekspor mebel dan kerajinan asal DIY. Perang dagang AS dan China yang telah berlangsung sejak 2018 hingga saat ini justru memberikan dampak positif terhadap ekspor mebel dan kerajinan di Tanah Air, tidak terkecuali DIY.

“Kita yakin dan mencoba push pasti ada peningkatan penjualan produk mebel dan kerajinan di DIY setidaknya di kisaran 20 persen hingga 30 persen pada 2022 ini. Optimisme peningkatan penjualan produk mebel dan kerajinan tersebut dipicu mulai menurunnya kasus positif Covid-19 beserta kita diuntungkan dengan konflik perang dagang antara AS dan China,” tuturnya di Yogyakarta, Selasa (26/7/2022).

BERITA REKOMENDASI