Ekspor Saat Pandemi, Pilih Produk yang Jelas Dibutuhkan Pasar

Webinar seri V bertema ‘Kiat Sukses Menembus Pasar Ekspor’ diselenggarakan oleh Kagama Pertanian bekerja sama dengan Fakultas Pertanian (Faperta UGM). Webinar dipandu moderator Alia Bihrajihant Raya SP MP PhD, Dosen Faperta UGM. Ikut dalam webinar Ketua Umum Kagama Pertanian, Ir YN Hari Hardono.

Menurut Hana, agar sebauh produk diminati pasar, maka perlu dicari keunikan/pembeda (diferensiasi) yang tidak dimiliki produk lain yang serupa. Misalnya untuk hand sanitizer diberi tambahan khasiat, selain bisa membunuh virus juga bisa menghaluskan atau melembabkan tangan. Untuk ramuan herbal, produk buatan Indonesia relatif diuntungkan karena bahan bakunya banyak tersedia di sini. “Jadi kuncinya harus tetap menyesuaikan kebutuhan pasar,” ujar Alumnus Faperta UGM Angkatan 1990 ini.

Sedangkan terkait kegiatan ekspor, Hana menjelaskan kiat-kiat menjadi eksportir yang sukses. Menurutnya, sebelum merambah ke pasar luar negeri, alangkah baiknya produk tersebut sudah punya pondasi bisnis yang kuat di dalam negeri. Secara umum syarat-syarat dalam kegiatan ekspor yakni harus ada produknya, upaya ekspor, pra MoU, MoU, pengiriman barang dan pembayaran. (Dev)

BERITA REKOMENDASI