Eksportir Usulkan Solusi Alternatif Konsolidasi Kargo

YOGYA, KRJOGJA.com – Para eksportir di DIY menilai pengiriman ekspor masih dibatasi dengan cara konvensional sehingga perlu solusi alternatif dalam transportasi atau dokumentasi perjalanan. Solusi alternatif transportasi yang menjadi hambatan ekspor di DIY tersebut, misalnya dengan konsolidasi kargo atau campuran angkutan antara di pelabuhan dan bandara.

Eksportir manufaktur DIY Robby Kusumaharta menyampaikan beberapa dasawarsa terakhir pengiriman kontainer dunia mengalami tsunami karena kargo makin turun sampai kandas. Penghasilan kargo intra-asia tidak cukup untuk membayar biaya handling di terminal muat dan bongkar, sehingga beberapa jalur pelayaran runtuh. Sedangkan yang masih bertahan adalah grup pengiriman yang memiliki bisnis maritim profitable sehingga secara grup bisa menutup kerugian pengiriman kontainer.

“Biaya operasional kapal yang meningkat sangat besar karena backlog berminggu-minggu di pelabuhan muat maupun bongkar mereka kompensasikan dengan menaikkan kargo dengan level seperti sekarang ini,” ujarnya di Yogyakarta, Minggu (12/9/2021).

BERITA REKOMENDASI