Elpiji Satu Harga Hapus Pengoplosan

JAKARTA (KRjogja.com) – Program elpiji satu harga saat ini tengah dibahas oleh Kementerian ESDM. Pada program ini, harga elpiji akan ditetapkan serentak seluruh Indonesia. Harga elpiji bersubsidi pun hanya akan dinikmati oleh masyarakat kelas menengah ke bawah yang telah memiliki kartu khusus. 

Pada program ini, masyarakat kelas menengah ke bawah berhak menerima kartu khusus. Pengembangan teknologi pun akan dilakukan pada agen resmi penjualan gas. Untuk itu, Kementerian ESDM akan menggandeng pihak perbankan.

Distribusi kartu dengan bank. perbankan nasional semua diajak BNI BRI Mandiri bank besar. Cukup bawa kartu dia tap bayarnya Rp16.000. Kalau nggak punya kartu artinya orang berada harganya normal. Setiap agen outlet ada teknologinya nanti," tutur Dirjen Migas I Gusti Ngurah Wiratmaja saat ditemui di Hall Dewan Pers, Jakarta, Kamis (24/11/2016). 

Apabila program ini terwujud, pemerintah pun optimis bahwa pengoplosan elpiji seperti yang terjadi pada beberapa daerah tak lagi terjadi. Sebab, elpiji telah dijual dengan harga yang sangat murah. "Otomatis pengoplosan enggak ada nanti karena harga di pasar harga normal kan," jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI