Era Digital, IKM DIY Diminta Miliki Strategi Pemasaran

“Pasar adalah himpunan individu dan organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan, berdaya beli, berminat membeli barang dan jasa. Selanjutnya Pesaing adalah pemasar lain yang memperebutkan pasar yang sama, dengan mempertahankan atau merebut, mengikuti pemimpin pasar atau mencari pasar pinggiran dengan cara berperang atau bekerja sama,” paparnya.

Owner Bahana Batik Erwin Yuniati menyampaikan dalam membuat strategi pemasaran, kompetensi yang harus dimiliki pengusaha adalah kritis, kreatif, komunikatif dan kolaborasi untuk mewujudkan usaha yang sukses. Komunikatif sangatlah penting dalam pemasaran, dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan maka harus mempunyai artikulasi, intonasi, volume suara, audability, pitch, stressing penekanan kalimat, kecepatan berbicara, kelancaran, warna suara dan tone yang baik.

“Teknik pemasaran dalam meningkatkan penjualan antara lain ketahui target pasar, menetapkan harga produk, gunakan teknik promosi lalu pilihlah tempat strategis. Tempat pemasaran bisa melalui media konvensional yaitu leaflet, spanduk, baliho, neon box, pameran, fashion show, pembicara, media cetak dan elektronik, sponsorship, discount dan penawaran-penawaran. Sedangkan melalui media digital seperti media sosial,pasar digital, marketplace dan sebagainya,” imbuhnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI