Fasilitas Perawatan Roda Pendaratan Pesawat GMF Diresmikan

CENGKARENG, KRJOGJA.com -PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk mengundang para delegasi International Airlines Technical Pool (IATP), untuk mengunjungi fasilitas perawatan pesawat, di Cengkareng, Kamis (11/10/2018). Pada kesempatan tersebut, para delegasi juga ikut menyaksikan persemian fasilitas terbaru GMF, yakni perawatan roda pendaratan pesawat (Landing Gear Shop).

Conference IATP 2018 sendiri diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 6 hingga 10 Oktober 2018, Konferensi tingkat dunia ini dihadiri oleh lebih dari 400 delegasi, yang merupakan member dari asosiasi IATP baik dari airlines, supplier dan lainnya.

Direktur Bisnis & Base Maintenance GMF, Tazar Marta Kurniawan menjelaskan, undangan kunjungan ke GMF ini bertujuan untuk memberikan gambaran riil bagi para peserta IATP Conference yang sebagian juga merupakan airline konsumen GMF atas fasilitas-fasilitas perawatan pesawat secara rinci.

Menurut Tazar, fasilitas perawatan pesawat GMF yang sudah memenuhi standar Maintenance Repair and Overhaul (MRO) kelas dunia ini patut untuk dilihat secara langsung oleh para konsumen dan pelaku aviasi lainnya. “Apalagi dengan diresmikannya Landing Gear Shop, semakin membuktikan kesiapan GMF dalam meningkatkan kapabilitasnya khususnya dalam bisnis component services,” jelasnya, usai peresmian Landing Gear Facility GMF.

Tazar juga mengatakan, GMF saat ini telah mengembangkan kemampuan untuk melakukan Overhaul Landing Gear Boeing 737-NG secara in-house dengan otorisasi dari FAA dan EASA. “Dengan tambahan fasilitas baru ini, GMF AeroAsia akan mampu melakukan perawatan hingga 25 landing gear per tahun,” ungkapnya.

Peralatan perawatan roda pendaratan pesawat di fasilitas baru GMF ini termasuk, fasilitas treatment repair yang bersamaan dengan electroplating, heat treatment, dan machinery; cleaning, baik mekanikal dan chemical; supplementary treatment, seperti flap peening dan stylus cadmium plating; serta laboratory yang komprehensif untuk mendukung prosesnya.

Guna mendukung operasional Landing Gear Shop tersebut, Tazar menambahkan,  GMF telah menyiapkan tim yang terdiri dari SDM paling berkualitas. “Kami juga telah menambahkan jumlah teknisi dan staf bersertifikat yang didukung oleh teknisi terlatih kami untuk mengoperasikan semua fasilitas di Landing Gear Shop,” ujarnya.

Dengan fasilitas Landing Gear Shop baru ini, GMF AeroAsia memiliki target untuk mencapai 45 hari turn around time (TAT) untuk memperbaiki landing gear. GMF  juga memiliki rencana untuk terus mengembangkan kapabilitas untuk jenis pesawat lain seperti ATR 72 dan Airbus A320 kedepannya.

Selain itu, sebagai komitmen untuk menjadi perusahaan yang memiliki kepedulian yang kuat terhadap lingkungan, fasilitas baru Landing Gear Shop ini dilengkapi dengan sistem scrubber, sistem daur ulang, dan boiler. “Fasilitas baru, kemampuan baru ini adalah komitmen kami untuk selalu menjadi penyedia solusi total MRO yang lebih baik untuk semua pelanggan di seluruh dunia,” ujar Tazar. (Imd).

BERITA REKOMENDASI