Gaet Merpati, GMF Kejar Pendapatan USD370 Miliar

JAKARTA (KRjogja.com) – PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia menjalin perjanjian kerjasama dengan PT Merpati Maintenance Facility (MMF). Melalui kerjasama tersebut, anak usaha Garuda Indonesia ini berharap taget pendapatan di 2016 dapat tercapai.

Target pendapatan GMF tahun ini USD370 juta atau sekitar 26 persen meningkat dari tahun lalu. Adanya kerjasama ini pastinya dapat mencapai target pendapatan dan target laba bersih di tahun ini sebesar USD50 juta,"ujar Direktur Utama GMF Juliandra Nurtjahjo di Gedung Basarnas, Jakarta, Selasa (6/9/2016). 

Menurut Juliandra, pasar perawatan pesawat di Indonesia masih cukup besar. Saat ini, jumlah pesawat di domestik sudah diatas 900 pesawat dengan nilai perawatan sudah mencapai USD1 miliar. Dengan keberadaan bengkel-bengkel perbaikan pesawat Nasional, jumlah penyerapan belum mencapai 50 persen. Artinya, bilapun bengkel perbaikan pesawar dikumpulkan masih belum mampu menyerap semua even. Oleh sebab itu, salah satu strategi guna memperbesar serapan adalah sebanyak-banyak bengkel perbaikan pesawat di Indonesia harus aktif dengan kemampuan masing-masing. 

"Kalau kita mengembangkan sendiri, waktu yang kita butuhkan itu terlalu panjang supaya bisa menyerap itu semua. Dengan waktu yang pendek solusinya adalah menjali kerjasama (GMF dan MMF),"ujarnya. 

Format kerjasama operasi dengan MMF ini bukan pengambil alihan atau merger dan lainnya. Ini murni kerjasama operasi karena sejalan dengan strategi GMF dalam mengembangkan kemampuan merawat pesawat. "Selama ini kan kita belum punya kemampuan merawat pesawat turbo propeller (pesawat baling-baling). Kalau kita kan kuasai pesawat turbo jet (pesawat boeing/air bush). Merpati punya kemampuan itu," ujarnya. Menurut Juliandra, pesawat berjenis turbo propeller banyak sekali melakukan aktivitas penerbangannya di wilayah Indonesia Timur. 

Oleh karena itu, diputuskanlah dibangun fasilitas turbo propeller dengan melakukan sinergi bersama MMF. "Jadi kita ingin dengan terbangunnya fasilitas ini dapat mendekatkan diri dengan costumer. Merpati punya fasilitas tepat dan kemampuan untuk itu. Kita harapkan kerjasama ini segera bisa terjadi," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI