Gerakkan Roda Perekonomian Kuartal IV 2020

YOGYA, KRJOGJA.com – Potensi pergerakan ekonomi di DIY pada kuartal IV 2020 yaitu kegiatan akhir tahun akselerasi aktivitas industri, menyambut pembangunan infrastruktur, belanja politik dan ancaman bencana. DIY masih memiliki beberapa potensi untuk menggerakkan roda perekonomian pada kuartal IV 2020 ini baik yang berdampak positif maupun negatif.

“Potensi positif yaitu penyelenggaraan kegiatan akhir tahun baik dari pemerintah (pusat/daerah), perusahaan dan leisure, akselerasi aktivitas industri dengan dukungan pemerintah maupun perbankan, sambut pembangunan infrastruktur seperti jalan tol di DIY dan sebagainya serta belanja politik pilkada. Sebaliknya berpotensi negatif berupa ancaman bencana antara lain pandemi Covid-19 maupun erupsi Gunung Merapi,” tutur Ekonom UGM Amirullah Setya Hardi di Yogyakarta, Selasa (17/11/2020).

Amirullah menyampaikan perekonomian nasional pada kuartal III 2020 secara umum masih mengalami pertumbuhan negatif 3,49 persen (yoy). Beberapa daerah sudah menunjukkan pertumbuhan positif dengan tingkat pertumbuhan negatif yang beragam. Pertumbuhan ekonomi DIY kuartal III 2020 moderate negatif 2,84 persen (yoy).

BERITA REKOMENDASI