GrabKitchen dan GrabExpress Dukung Pertumbuhan UKM

JAKARTA, KRJOGJA.com -Di Indonesia GrabFood berada di jalur menuju ststus layanan pengiriman makanan terbesar. Pada paruh pertama tahun ini,nilai bruto GrabFood telah meningkat tiga kali lipat. Dua pilarnya yaitu GrabKitchen dan Grab Express, telah membantu memberdayakan UMKM di Indonesia.

GrabKitchen merupakan jaringan cloud kitchen dari Grab yang menyatukan berbagai merchant dalam sebuah fasilitas pusat. Tujuan hadirnya GrabKitchen adalah membantu UKM untuk dapat memperluas jangkauan bisnisnya di luar lokasi utama mereka dan membawa hidangan favorit pelanggan lebih dekat. 

Juru bicara Grab, Ichmeralda Altri Rachman mengatakan di Indonesia GrabFood telah membuka GrabKitchen pertamanya di tahun 2018 dan telah berekspansi hingga 10 GrabKitchen dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan.

"GrabKitchen bekerja dalam model bisnis tradisional, jika kios makanan favorit ingin mengembangkan bisnis,
mereka perlu membangun cabang baru dengan menemukan lokasi sesuai anggaran untuk menyiapkan, menghabiskan waktu dan uang yang berharga untuk pekerjaan konstruksi, mendapatkan izin yang relevan," paparnya.

Hal ini dilakukan bahkan sebelum mereka memulai memasak makanan, mempromosikan bisnis mereka dan menyiapkan logistik untuk dikirimkan. Dengan GrabKitchen, hal yang harus dipikirkan oleh merchant adalah bagian memasaknya.

Ditambahkan Ichmeralda, GrabFood juga turut mengatasi tantangan yang dihadapi UMKM untuk berkembang. Pihak Grab membantu pemasaran mereka dengan membantu UMKM menjangkau pengguna GrabFood dan membantu mereka memanfaatkan basis konsumen digital. GrabKitchen pertama dengan pilihan santap di tempat telah hadir di Indonesia, tepatnya di Capital Place Jakarta yang melayani kebutuhan pekerja untuk makan di tempat serta pengantaran GrabFood.

Sedangkan GrabExpress merupakan layanan kurir instan dari Grab yang menjanjikan tiga kunci utama, keandalan, kecepatan dan keamanan. Saat ini, layanan ini tersedia di 150 kota di Indonesia. Jumlah pengiriman harian menggunakan GrabExpress meningkat lebih 20 kali lipat dalam satu tahun terakhir, dimana lebih dari 50 % pengguna GrabExpress merupakan wirausahawan mikro. Dengan armada GrabBike dan GrabCar dengan jumlah terbanyak di Indonesia, lebih dari 90 % pemesanan GrabExpress dapat diselesaikan sesuai dengan estimasi waktu pengiriman yang dijanjikan.

GrabExpress memberdayakan merchant kecil dengan cara UMKM merupakan kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia. Grab berkomitmen membantu UMKM Indonesia meningkatkan kapasitas mereka, sehingga dapat mengembangkan bisnisnya dengan cara yang mudah, aman dan terjangkau.

"Kami juga bekerja sama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) untuk menyediakan pelatihan kepada UMKM di Jakarta tentang perkembangan produk dan cara menciptakan konten kreatif. Salah satu mitra Mitra GrabExpress yang sukses adalah Fang’s Kitchen yang merupakan bisnis makanan dan minuman buatan rumah yang didirikan sejak Oktober 2018. Fang’s Kitchen lahir dari kecintaan Fangfang terhadap memasak. Fangfang biasanya membuat asinan buah dengan rasa pedas, asam dan manis jika ada acara yang diselenggarakan temannya. Menyadari pentingnya pengiriman bagi bisnis, Fang's Kitchen harus memilih dengan hati-hati mitra pengiriman yang tidak hanya cepat dan efisien, tetapi juga memprioritaskan kualitas layanan. Mereka memilih GrabFood sebagai mitra pengiriman berdasarkan rekomendasi dari pelanggan. "Hanya dalam beberapa bulan,setelah memanfaatkan fitur spesial GrabExpress, bisnis kami tumbuh 80%," ungkap Fangfang saat sejumlah awak media berbincang dengannya pada acara Grab For Good. (Sal)

 

BERITA REKOMENDASI