Harga Cabai Terus Fluktuatif

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komoditas cabai kembali mengalami fluktuasi baik kenaikan harga maupun penurunan harga cukup signifikan di beberapa pasar tradisional pada pekan terakhir Februari 2020. Ketersediaan bahan pangan pokok (bapok) sendiri cukup aman karena memasuki musim panen sehingga mulai terjadi penurunan harga.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto mengatakan, harga sebagian komoditas bapok sudah mengalami penurunan harga. Mengingat ketersediaan serta masuk musim panen sehingga sebagian harga mulai menunjukkan penurunan.

“Harga cabai merah besar naik cukup signifikan hingga 16 persen dari Rp 53.700 menjadi Rp 63.700/kg dan cabai merah keriting naik 8 persen dari Rp 46.700 menjadi Rp 50.300/kg. Sebaliknya, harga cabai rawit hijau turun 15 persen dari Rp 34.300 menjadi Rp 30.000/kg dan harga cabai rawit merah turun 19 persen dari Rp 35.300 menjadi Rp 29.700/kg,” papar Yanto.

Baca juga :

Tersangka Susur Sungai Digundul Polisi, PGRI DIY Berharap Tidak Ada Bully Kepada Keluarga
Gunduli Tersangka Susur Sungai, Begini Jawaban Polda DIY
Buruh DIY Bergerak, Tolak Omnibuslaw ‘Cilaka’
Bawa Pedang di Jalanan, Empat Pelajar Diamankan

Yanto menjelaskan, fluktuasi harga juga masih dialami bawang putih karena masih ada keraguan dari para pedagang untuk menyimpan stok banyak. (Ira)

BERITA TERKAIT