Harga Sewa Kontainer Naik, Eksportir DIY Pilih Tekan Margin

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY telah berkoordinasi dengan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) DPD DIY guna mencari jalan keluar permasalahan kelangkaan peti kemas atau kontainer untuk ekspor. Alhasil pihak eksportir maupun importir tercipta pemahaman bersama atas kondisi tersebut dengan saling menerima terjadinya keterlambatan pengiriman barang dan turunnya margin karena naiknya harga sewa kontainer untuk ekspor.

Kepala Disperindag DIY Aris Riyanta mengatakan seperti diketahui kontainer-kontainer banyak dimiliki China, sehingga eksportir di Indonesia termasuk di DIY hanya menyewa peti kemas tersebut. Diketahui China kini telah membutuhkan banyak kontainer, sehingga peti kemasnya tidak disewakan ke eksportir luar dahulu.

“China yang memiliki banyak kontainer sangat membutuhkan untuk keperluan pengiriman produknya sendiri, sehingga terjadi kelangkaan peti kemas. Minimnya peti kemas untuk ekspor tersebut akhirnya membuat harga sewa pun berlipat, namun karena membutuhkan kontainer mau tidak mau harus menyewa dengan harga tinggi,” ujar Aris kepada KRJogja.com di Yogyakarta, Kamis (28/1/2021).

BERITA REKOMENDASI