Hotel Harus Ubah Covid-19 Menjadi Peluang,Begini Maksudnya

SOLO, KRJOGJA.COM – Doktor Ilmu Ekonomi, Dicky Sumarsono, yang juga Founder & CEO Azana Hotels & Resorts mengatakan perubahan yang terjadi pada lanskap bisnis hotel akan bersifat permanen namun akan terus mengalami perbaikan dan berkembang.

“Semua tidak akan sama lagi seperti dulu atau kembali ke tahun 2019 bahkan tahun sebelumnya. Hanya mereka yang produktif dan inovatif, yang memiliki spirit entrepreneurship yang akan melihat kondisi ini hanya dari sisi peluang. Sekarang bukan yang besar mengalahkan yang kecil namun yang cepat akan mengalahkan yang lambat,” papar Dicky Sumarsono yang juga dikenal sebagai pengarang buku best seller tentang perhotelan saat diskusi sharing new insight & business hotel di di kampus Victoria Hotel School (VHS) di Jalan Honggowongso, Solo, Senin (25/1/2021).

Doktor Dicky mengupas topik diskusi “Menavigasi Momentum Kembalinya Bisnis Hotel di Lanskap Bisnis Yang Baru,” mengatakan dimulainya vaksinasi di Indonesia membuat kepercayaan masyarakat terhadap dunia usaha mulai meningkat sehingga saat ini siapapun yang bisa melihat, membaca perubahan lebih cepat, memanfaatkan momentum dan bergerak terus maka dia yang akan mendapat lebih banyak. ” Hotel Indonesia Outlook 2021 menjelaskan krisis ekonomi yang diakibatkan oleh Covid-19 berdampak pada kondisi keuangan keluarga dan pribadi.”ujarnya.

Riset yang dilakukan oleh Inventure-Alvara pada 2021, masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia, mayoritas merespon bahwa pendapatan mereka berkurang selama pandemi, namun di sisi lain pengeluaran mereka meningkat. Dengan adanya penurunan pendapatan, dampaknya yaitu jumlah anggaran yang digunakan untuk tabungan serta investasi ikut berkurang. “Meskipun dari sisi pendapatan berkurang, menariknya optimisme masyarakat Indonesia justru besar bahwa ekonomi akan pulih. Sebanyak 47,2% optimis pandemi Covid-19 berakhir pada akhir tahun 2020 dan 51,4% menjawab ekonomi pulih pada akhir 2021. ” paparnya.

Sebelumnya, Dicky Sumarsono, Founder & CEO Azana Hotels & Resorts di sela-sela CEO briefing bersama 100 leaders di group Azana Hotels yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia menyampaikan bahwa momentum akan hilang jika tidak dimanfaatkan secara maksimal.

BERITA REKOMENDASI