Inalum Bakal Ambil Alih Saham Freeport?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengarahkan PT Indonesia Asahan Aminium (Persero) Inalum membeli saham PT Freeport Indonesia. Saham tersebut telah sepakat dilepas sebesar 41,64 persen agar genap menjadi 51 persen.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, Inalum diarahkan membeli saham Freeport. Pasalnya, perusahaan bekas investor Jepang tersebut akan memimpin holding BUMN pertambangan. Pembelian saham juga tidak harus menunggu pembentuan holding.

"Tidak harus menunggu (holding) karena pada dasarnya akan mengambil itu Inalum, nanti akan jadi holding," kata Rini, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Rini menargetkan pelapasan saham (divestasi) Indonesia selesai pada Desember 2018, saat ini Kementerian BUMN ‎sedang melakukan persiapan untuk menghitung nilai saham.

‎"Sedang dalam proses, jadi kami memang kami mengharapkan, sudah mengusulkan sudah harus selesai Desember 2018," ujar Rini.

Menurut Rini, persiapan yang dilakukan berupa penentuan waktu dan cara menghitung nilai sahamnya. Hal ini untuk mengantisipasi perbedaan cara hitung nilai saham dari Freeport.(*)

BERITA REKOMENDASI