Jamaah Haji Indonesia Akan Menikmati Rendang Payakumbuh

JAKARTA, KRJOGJA.com -Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan sejumlah program strategis dalam upaya memberdayakan koperasi dan UKM di tanah air. Salah satu yang dilakukan yakni dengan memberikan dukungan terhadap Koperasi Ikosero Payakumbuh dari Sumatera Barat untuk mengekspor bumbu masakan, khususnya rendang ke Arab Saudi untuk memasok katering jamaah haji Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, hal ini merupakan terobosan untuk memajukan UKM. “Ini menjadi sejarah UKM kita. Dimana terobosan yang diharapkan Presiden Jokowi untuk memajukan UKM, mulai sekarang terbuka lebar,” katanya saat menyaksikan penandatanganan MoU antara Koperasi Ikosero dengan Al Bait Maamour For Umra Service (Arab Saudi), di Jakarta, Rabu (19/2).

Menurut  Teten, langkah tersebut merupakan momen bersejarah. Pasalnya, untuk pertama kalinya Bumbu Rendang Payakumbuh, Sumatera Barat akan diekspor ke Arab Saudi. “Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Koperasi Ikosero sebagai Role Model yang bisa dikembangkan lebih jauh,” ujarnya.

Produk UKM dibawah Kaaoperasi Ikosero dan binaan Asperindo ini akan ada dalam menu katering makanan sebanyak 120 ribu jamaah haji Indonesia, selama 40 hari musim haji 2020. Tidak hanya itu, 50 tenaga kerja Indonesia akan dikirimkan, untuk memasak dan memastikan cita rasa Rendang Payakumbuh tidak berubah.

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz mengatakan, dalam kerjasama itu dibutuhkan untuk makanan 120 ribu jamaah, dengan makan tiga kali sehari, selama 40 hari. Sementara untuk daging akan disediakan pihak Arab Saudi.

Menurut Erwin, bumbu Rendang Payakumbuh diracik dan dikemas dengan sentuhan teknologi modern. Sehingga bisa bertahan selama satu tahun, tanpa bantuan pengawet dan cita rasa yang tidak berubah. Khusus untuk ekspor ini, melibatkan 43 UKM yang tergabung dalam Koperasi Ikosero. (Ogi)

BERITA TERKAIT