Kadin Apresiasi Kebijakan Pembatasan Angkutan Barang

JAKARTA (KRjogja.com) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi langkah Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang telah mengeluarkan peraturan pembatasan operasional truk angkutan barang pada libur Natal pada 5 ruas jalan bebas hambatan (tol) mulai tanggal 23 Desember pukul 00:00 WIB hingga tgl 26 Desember 2016 pukul 24:00 WIB.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto mengatakan, kebijakan tersebut melegakan berbagai pihak termasuk pengusaha angkutan truk (Aptrindo) dan assosiasi logistik lainnya yang tergabung di Kadin. "Kebijaksan ini menunjukkan sinergi antara regulator dan pelaku usaha," ujarnya, di Jakarta, Selasa (06/12/2016).

Diharapkan, kebijakan seperti itu tetap berlanjut pada libur-libur nasional lainnya. "Misalnya untuk libur Tahun baru dan Lebaran," kata Carmelita.

‎Dia menambahkan, kebijakan pembatasan operasional angkutan barang hanya pada ruas jalan tertentu ini menunjukkan perhatian pemerintah pada kelangsungan gerak ekonomi. Pasalnya, kalau pembatasan dilakukan secara penuh pada seluruh jalan akan mengganggu distribusi kebutuhan konsumen, jadwal ekspor dan impor ke dan dari kapal. 

"Kalau pembatasan penuh pada semua jalan akan menimbulkan ekonomi biaya tinggi yang harus dibebani pada masyarakat‎," kata Carmelita.

Seperti diketahui mulai tanggal 23 Desember pukul 00:00 WIB hingga tgl 26 Desember 2016 pukul 24:00‎  WIB truk-truk angkutan barang non bbm dan bahan pokok lebih dari dua sumbu, dilarang memasuki ruas jalan bebas hambatan, Merak-Jakarta, Kembangan – JORR W2- Cikunir, Cawang – Cileunyi, Cawang – Brebes Timur , Cawang – Bogor-Ciawi.(Imd)

​‎

BERITA REKOMENDASI