Kapal Pembangkit Ini Siap Terangi Sumatera

MEDAN, KRJOGJA.com – Kapal pembangkit listrik asal Turki, Karadeniz Powership Onur Sultan, yang disiapkan untuk membantu krisis listrik di Sumatera Bagian Utara, akan mulai beroperasi secara maksimal mulai Jumat 16 Juni 2017 dini hari. 

Dengan operasional maksimal itu, kapal berkapasitas 480 megawatt (mw) tersebut akan memasok sebanyak 240 mw listrik ke Sumatera yang dikelola PT PLN.

“Kalau kemarin baru 30% pasokan yang kita kirim ke PLN, mulai malam ini kita akan pasok 100% atau sesuai kontrak sebesar 240 mw. Ini akan membantu mengatasi krisis listrik di Sumatera Utara. Tapi untuk pengelolaan listriknya nanti, itu kita serahkan ke PLN,” ujar Asia Regional Director Karpowership Indonesia, Ufuk Berk, di Kantor Kelurahan Sicanang, Kecamatan Belawan, Kota Medan, Kamis (15/6/2017) siang. 

Ufuk Berk menjelaskan, kapal Karadeniz Powership Onur Sultan memiliki 24 mesin generator yang dapat memasok listrik hingga 480 mw. Mesin tersebut menggunakan bahan bakar jenis Heavy Fuel Oil (HFO) yang masih didatangkan Karpowership dari negara-negara Timur Tengah dan Malaysia. “Kalau di Indonesia tidak ada produksi jenis bahan bakar tersebut. Tapi sebenarnya mesin generator itu bisa beropeasi menggunakan bahan bakar gas alam yang ada di Indonesia,” jelasnya. 

Untuk beralih ke bahan bakar gas alam, lanjut Ufuk Berk, dibutuhkan konversi tekanan gas pipa yang saat ini sebesar 24 bar menjadi 6 bar sesuai dengan spesifikasi di kapal pembangkit listrik tersebut. “Baik menggunakan gas alam maupun menggunakan HFO, biaya produksi listriknya pasti akan lebih murah. Hal itu karena komponen bahan bakarnya jauh lebih murah dibandingkan bahan bakar diesel yang dipakai PLN di pembangkitnya saat ini,” tegas Ufuk Berk.

Kapal Karadeniz Powership Onur Sultan yang memiliki lebar 50 meter dan panjang 100 meter serta berat 1850 grosstonage itu, lanjut Ufuk Berk, akan beroperasi penuh selama lima tahun sesuai dengan kontrak yang sudah dibuat dengan pemerintah. Ufuk pun memastikan operasional kapal dapat berlangsung tanpa henti meski dilakuan pemeliharaan. (*)
 

BERITA REKOMENDASI