Karyawan Miliki Perusahaan, BRI Bagikan Saham Lewat Employee Stock Allocation

Ada sejumlah tujuan diadakannya program ESA oleh BRI. Pertama, pemberian saham kepada karyawan bertujuan meningkatkan keterikatan (engangement) karyawan dengan perusahaan. Kedua, hal ini bertujuan untuk memotivasi sekaligus sebagai rewards bagi karyawan. Ketiga, program ESA menumbuhkan sense of ownership terhadap BRI. Keempat dengan adanya ESA akan menambah investor ritel mengingat saat ini terdapat lebih dari 125 ribu karyawan BRI.

Dalam implementasinya, program ESA dibagi dalam 4 tahapan berbeda. Tahap MESOP/ESA 1 sudah dilakukan pada 2019 lalu. Sedangkan ESA 2 sudah dilaksanakan pada Januari 2021 dan saat ini tahap ESA 3 dan ESA 4 tengah berlangsung.

Para insan BRILiaN yang menjadi peserta ESA dipastikan mendapat banyak keuntungan, baik capital gain maupun dividen yang didapatkan dari saham BRI yg berkode BBRI. Sebagai catatan, saat ini saham BBRI di Bursa Efek Indonesia merupakan kategori saham bluechip dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua di bursa. Nilai kapitalisasi pasar BBRI saat ini berada sekitar level Rp 540 triliun dan pernah menyentuh level tertinggi pada Januari lalu di level Rp 590 triliun.

BERITA REKOMENDASI