Kemendag Siap Cabut 5 Importir Bawang ‘Nakal’

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pertanian memasukan dalam daftar hitam (blacklist) lima perusahaan yang diduga melakukan impor bawang bombai yang tidak sesuai ketentuan. Adapun lima importir tersebut yakni PT TAU, PT SMA, PT KAS, PT FMP dan PT JS.

Menanggapi hal tersebut Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan mengatakan, pihaknya akan mempelajari hal tersebut lebih dalam. Namun jika nantinya terbukti melanggar, pihaknya tidak akan ragu-ragu menjabat izin impor kepada lima perusahaan tersebut.

"Selama nanti bisa dibuktikan saya cabut PI (Persetujuan Impor)-nya," ungkapnya ketika ditemui, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Lebih lanjut Oke juga akan menunggu secara resmi laporan Kementan kepada pihak Kementerian Perdagangan. Dengan begitu laporan tersebut bisa menjadi penguat untuk menjatuhkan sanksi kepada lima perusahaan tersebut.

"Tapi kan saya butuh dokumen formal dia memang melanggar. Kalau rekomendasi dari Kementan betul, masukan ke kita saya bekukan," tegasnya.

Oke juga mengapresiasi Kementan yang langsung mengambil langkah cepat dan tegas kepada perusahaan importir yang melanggar tersebut. Apalagi langkah tersebut bertujuan untuk melindungi pedagang bawang di dalam negeri. (*)

BERITA REKOMENDASI