KPPU Minta Pemerintah Revitalisasi Industri Gula

PADANG (KRjogja.com) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha menyarankan pemerintah untuk merevitalisasi industri gula di Tanah Air agar produksinya meningkat sehingga akan mengurangi impor.

"Kami sudah lama menyarankan agar mesin-mesin yang ada ditingkatkan kapasitasnya sehingga ketergantungan terhadap impor gula dapat dikurangi, kata Komisioner KPPU, Sukarmi di Padang, Senin. 

Ia menyampaikan hal itu usai sosialisasi Daftar Periksa Kebijakan Persaingan Usaha dalam rangka menghadirkan iklim usaha yang lebih kompetitif kepada pemangku kebijakan di Padang. Menurutnya, hampir semua komoditas pangan saat ini diimpor dan hal itu rawan terjadinya manipulasi ketika ada da basis data yang akurat.  "Saran KPPU kebijakan kuota juga dihilangkan dan diganti dengan pembebanan bea masuk," katanya. 

Dia mengatakan siapa pun boleh mengimpor gula asalkan sesuai dengan syarat yang ditetapkan pemerintah, kalau dengan kuota bisa disalahgunakan oleh pihak tertentu dengan mendekati pemegang kebijakan dan yang memiliki pengaruh. Selain itu untuk mencegah harga melonjak ia menyarankan agar jalur distribusi diperpendek sehingga tidak ada lagi makelar. "Potong rantai distribusi melalui Bulog atau membentuk toko yang dapat diakses langsung pembeli," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI