Kuartal I/2021, Tren Belanja Elektronik Masyarakat Jateng Melonjak 200 Persen

Data internal Tokopedia di sisi lain mengungkap adanya pertumbuhan penjual yang sangat signifikan, dari yang sebelum pandemi berjumlah 7,2 juta menjadi lebih dari 10 juta saat ini. Pengguna aktif bulanan Tokopedia pun meningkat dari lebih dari 90 juta menjadi lebih dari 100 juta.

Data di Tokopedia, setidaknya ada tiga kategori yang paling populer di Tokopedia, khususnya di Jawa Tengah,selama quarter ke-1 tahun 2021 diantaranyaKategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh serta Elektronik.

“Di Jawa Tengah, kategori Elektronik, misalnya, meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sedangkan kategori Rumah Tangga serta Kesehatan dan Perawatan Tubuh masing-masing meningkat lebih dari dua kali lipat,” tutur Trian.

Transaksi kategori Makanan dan Minuman pun melonjak hampir tiga kali lipat. Tokopedia pun menyediakan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Praktiknya, UMKM lokal di Semarang bisa mendapatkan pendampingan memulai dan mengembangkan usaha daring, serta halaman khusus di Tokopedia.

Ada juga Tokomart yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mempermudah masyarakat mendapatkan barang kebutuhan harian dari penjual terdekat. Inovasi ini sudah tersedia di Jakarta Bogor Depok , Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) serta Bandung dan masyarakat Semarang dalam waktu dekat.

BERITA REKOMENDASI