Kunci Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Adalah Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kunci dari pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Demikian diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandi Salahudin Uno dalam webinar bertajuk “Kebangkitan Sektor Pariwisata Era Baru Di Indonesia,” Jumat (5/11/2021).

Sandiaga Uno menyinggung bahwa beberapa bulan terakhir, pemerintah sudah bisa dianggap sukses mengendalikan pandemi. Saat ini, pemerintah masih terus mengakselerasi program vaksinasi nasional. Diharapkan dua hal itu bisa mendongkrak kepercayaan dunia luar terhadap Indonesia.

“Terlebih lagi dengan dengan sudah dimulainya border atau perbatasan kita sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara, yang diharapkan bisa mendorong pemulihan pariwisata,” ujarnya.

Sedangkan Heru Dewanto Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mengatakan sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Kebijakan pembatasan perjalanan dan karantina, membuat banyak orang membatalkan perjalanan wisata mereka.

PII telah melakukan pengkajian terhadap permasalahan-permasalahan di Indonesia yang diakibatkan oleh pandemi, termasuk permasalahan yang menimpa industri pariwisata dan ekonomi kreatif, dan merumuskan langkah-langkah untuk memulihkan sektor tersebut.

“PII di tengah pandemi, telah melakukan suatu refleksi, suatu imajinasi, design ulang Indonesia ke depan, salah satunya adalah sektor pariwisata. Untuk sektor pariwisata ada beberapa rekomendasi kita luncurkan, salah satunya adalah kita perlu menyusun satu standar protokol untuk mengaktifkan kembali daerah-daerah wisata tertentu,” ujar Heru Dewanto.

BERITA REKOMENDASI