Lengkapi Infrastruktur, PLN Luncurkan SPKLU

JAKARTA, KRJOGJA.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara bersamaan di empat kota yakni Tanggerang, Bali Selatan, Jakarta dan Bandung. 

"Dalam hal pembangunan SPKLU, pihaknya secara terbuka bekerjasama dengan berbagai pihak, baik perusahaan swasta ataupun BUMN lainnya," kata Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Peresmian SPKLU ini sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterei, sesuai dengan Peraturan Presiden no.55 tahun 2019. Untuk itu PLN berkomitmen menyediakan sejumlah SPKLU baik yang disediakan secara mandiri oleh PLN, ataupun melalui kerjasama dengan pihak swasta.
 
Sebelumnya PLN juga menggandeng 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beberapa waktu yang lalu. Bahkan, untuk tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia.

"Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya," tutur Sripeni.

Dalam kesempatan ini Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengapresiasi terhadap langkah PLN dalam penyediaan SPKLU. "Langkah PLN sangat bagus dan strategis dengan kerjasama untuk pemanfaatan kendaraan berbasis listrik. Hal ini juga bagus untuk peningkatan penjualan tenaga listrik kedepannya," tegasnya. (Ful)

BERITA REKOMENDASI