Lewat Safety Roadshow, Grab Hadirkan Keselamatan Inovatif

YOGYA, KRJOGJA.com – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, memperkuat komitmennya menghadirkan transportasi yang aman dan nyaman untuk semua oran melalui Safety Roadshow di Yogyakarta. Termasuk memperknalkan sejumlah inovasi fitur keamanan baru, yakni ‘Pusat Keselamatan’ dan fitur Pemantauan Perjalanan bagi Penumpang & Mitra Pengemudi. 

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA yang bertujuan untuk terus mendorong kesadaran aman berkendara baik
bagi mitra pengemudi maupun pelanggan Grab. Adapun fitur yang ditampilkan dalam Safety Roadshow Yogyakarta ini adalah bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan yang diluncurkan akhir 2018. 

"Tujuannya untuk mencapai angka kecelakaan nol insiden yang bisa terwujud dengan cara mengantisipasi berbagai hal yang berpotensi memicu terjadinya insiden. Salah satu bentuk pencegahan tersebut, pada hari ini Grab menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Forum Pengada Layanan (FPL)," ungkap Neneng, Jumat (24/12/2020)

Menurut Neneng kerja sama yang dilakukan meneguhkan komitmen bersama Grab dan FPL untuk mencegah dan menangani korban kekerasan seksual, khususnya melalui pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas kekerasan. Komitmen pencegahan dilakukan dengan memberikan edukasi perlindungan penumpang dan mitra pengemudi Grab di Yogyakarta. 

"Sebelumnya, Grab sudah menjalankan Safety Riding Roadshow di Bandung, Makassar, Medan, Surabaya, dan Palembang. Dengan demikian, Yogyakarta merupakan kota ke-6 yang dikunjungi rangkaian acara ini," ungkapnya.

Selain edukasi pencegahan, kata Neneng sebagai bagian dari kerja sama Grab dan FPL telah dilakukan kampanye donasi untuk FPL di platform GrabRewards yang dilakukan sejak bulan Desember 2019 sampai dengan 10 Januari lalu. Donasi yang terkumpul sebesar Rp 109.965.000 dari 2.860 pengguna aplikasi. Dana khusus dari Grab akan FPL gunakan untuk program pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas di 3 (tiga) area yaitu Wilayah Jawa, Wilayah Sumatera dan Kalimantan, serta Wilayah Indonesia Timur. "Peserta program terbaik dari masing-masing wilayah akan mendapatkan bantuan modal agar bisa memulai usaha dan menjadi mandiri secara finansial," pungkasnya.

Head of Platform Safety Grab Indonesia Mochammad Fadjar Wibowo menambahkan dalam teknologi keselamatan selalu berinvestasi dalam keunggulan operasional untuk meningkatkan standar keselamatan transportasi di Indonesia.  Misalnya, respons insiden keselamatan 24/7, perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk setiap perjalanan, serta pemeriksaan latar belakang mitra pengemudi yang ketat sebelum mengikat kemitraan. 

"Ini adalah fondasi keselamatan yang kuat yang telah kami letakkan selama bertahun-tahun, dan berbagai fitur keselamatan terbaru hari ini merupakan bukti kuat komitmen kami untuk berbuat lebih banyak," paparnya. (*)

BERITA REKOMENDASI