Manfaat Webinar Untuk Peningkatan Bisnis

Editor: Agus Sigit

Perkembangan teknologi yang terus berkembang setiap waktu bertujuan membantu manusia dalam mengatasi hambatan. Begitu juga dalam sebuah bisnis, tentu kerap mengalami hambatan namun dengan kemajuan teknologi hambatan bisa diatasi.

Salah satu cara untuk mengatasi sebuah masalah bisnis dengan menggunakan teknologi adalah munculnya istilah webinar. Nah sebelum jauh bagaimana webinar bisa membantu masyarakat untuk berbisnis maka sebaiknya mengetahui apa itu webinar.

Webinar merupaka salah satu bentuk inovasi digital yang akan memudahkan proses pembelajaran, terutama untuk pelaku bisnis, karyawan, ibu rumah tangga hingga anak sekolah atau mahasiswa yang tidak bisa hadir secara fisik.
Webinar semakin dikenal ketika pandemi Covid, dimana webinar menjadi platform solusi dari komunikasi yang dibatasi.

Sehingga ketika aktivitas manusia dibatasi maka komunikasi berbentuk pembelajaran, tutorial akan membantu mengatasi hal tersebut apalagi dalam dunia bisnis.

Jika kita merujuk dari Wikipedia, maka Webinar berasal dari kata Website atau platform dengan seminar. Intinya webinar adalah aktivitas seminar yang dilakukan secara online dengan metode video conference.

Manfaat Webinar Bisnis

Webinar tentunya memiliki banyak manfaat bagi yang menggunakannya terutama pelaku bisnis. Meski demikian, secara garis besar manfaat webinar akan kita bagi menjadi dua, yaitu manfaat yang didapatkan dari penyelenggara dan manfaat bagi peserta yang mengikuti webinar tersebut.

Nah, salah satu webinar terkait dengan bisnis kerap kali diselenggarakan oleh majoo Indonesia sebuah perusahaan yang menyediakan aplikasi kasir, dimana mereka memberikan kelas tentang bisnis. Tetapi sebelum memulai webinar biasanya di ikuti dengan E-book.

Untuk itu, majoo Indonesia yang menyelenggarakan webinar bisnis secara gratis juga memberikan fitur download e-book gratis sebagai pelengkap dari sebuah webinar. Nah apa sih manfaat webinar? Berikut beberapa penjelasannya:

Manfaat Webinar Untuk Penyelenggara:

1.Sarana Branding

Salah satu langkah untuk meningkatkan suatu bisnis adalah kekuatan pelaku usaha untuk melakukan branding sebuah produk atau brand.Nah, webinar menjadi salah satu sarana dalam membranding sebuah brand perusahaan agar dapat dikenal masyarakat.
Salah satunya kamu bisa menyelenggarakan suatu topik bisnis yang dikupas oleh para ahli bisnis sesuai dengan topic yang akan diangkat. Sehingga brand perusahaan sebagai penyelenggara maka otomatis akan terangkat ketika banyak peserta webinar yang mengikuti.

2.Mendapatkan Leads

Ketika sebuah webinar bisnis biasanya akan mengangkat suatu topik materi dan akan diikuti oleh para peserta. Nah dari peserta yang tertarik dengan materi bisnis tersebut maka akan didapatkan peserta yang rata-rata pasti pelaku usaha, sehingga secara tak langsung leads tertarget bisa di konversi menjadi suatu penjualan.

3. Promosi Produk yang Tertarget

Strategi penjualan sebuah produk atau bisnis tiap saat berkembang. Apalagi dengan perkembangan teknologi, dimana webinar sering kali dipakai beberapa tahun belakangan ini. Selain memberikan informasi dalam webinar juga menjadi ajang promosi.

Umumnya dalam sebuah webinar akan diisi oleh seseorang atau beberapa pembicara yang ahli atau memahami topik materi yang diangkat. Bisa berupa tips, edukasi, tutorial, maupun sharing pengalaman terkait topic yang diangkat.

Meski demikian, biasanya penyelengara akan mempromosikan produk yang dimilikinya, seperti memberikan diskon. Misalnya Majoo Indonesia bisa memberikan diskon aplikasi kasir, aplikasi karyawan, aplikasi owner, dll.

Manfaat Webinar Untuk Peserta

1.Menambah Ilmu dan Pengetahuan

Webinar selain bermanfaat bagi penyelenggara juga memiliki manfaat bagi peserta. Pasalnya webinar merupakan sarana kamu mendapatkan ilmu dari para pembicara yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mendalam terkait topik yang dibahas.

Bagi peserta ini merupakan sebuah ilmu dan pengetahuan untuk menambah wawasan. Apalagi jika webinar tersebut diselenggarakan secara gratis, maka hal tersebut menjadi peluang mendapatkan ilmu tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Adapun besarnya ilmu pengetahuan yang didapat dalam sebuah sesi webinar sendiri biasanya tergantung dari kapabilitas pemateri yang diundang. Jadi, kamu harus pintar dalam memilih event webinar agar tidak menyesal ketika sudah mendaftar.

2.Mencari Networking

Manfaat kedua setelah kamu mengikuti webinar selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan terkait topic yang dibahas, maka kamu juga bisa mendapatkan jaringan networking dari sesama peserta webinar.

Kamu bisa menjalin networking melalui percakapan di chat room / live chat. Ya, cara ini memang agak unik namun langkah ini menjadi sarana untuk bertukar pengalaman, atau bekerja sama terkait bisnis yang sedang dilakukan oleh masing-masing peserta.

Ketika kamu membina hubungan terhadap sesama peserta, artinya kamu telah membuka networking bisnis kamu. Kamu bisa bertukar informasi terkait bisnis, bertukar pengalaman dan mungkin menemukan sebuah terobasan baru tentang bisnis yang dijalani.

3.Mendapatkan Doorprize

Untuk yang satu ini biasanya dilakukan oleh para quiz hunter yang lebih mementingkan hadiah dibandingkan dengan isi materi pembahasan. Kendati demikian, keberadaan doorprize dalam sebuah acara webinar sendiri tidak bisa dilepaskan satu sama lain.

Hal tersebut penting untuk menarik animo dan antusias peserta agar lebih aktif berdiskusi dengan narasumber. Pemberian doorprize juga tidak melulu soal uang tunai, namun bisa juga berupa merch perusahaan sehingga semakin menguatkan hubungan dengan logo.

Banyak informasi ketika kamu ingin mengikuti webinar gratis. Kamu bisa kok bergabung dengan Majoo Indonesia, dimana perusahaan aplikasi kasir ini sering menyelenggarakan webinar terkait bisnis secara gratis dan ebook gratis.

Tips Menyelenggarakan Webinar

1.Pilih Topik yang Relevan

Tidak bisa dipungkiri lagi, pemilihan topik menjadi salah satu kunci utama dibalik kesuksesan sebuah event webinar. Maka dari itu, sebelum mengadakan webinar kamu harus rajin melakukan brainstorming dengan tim agar mendapatkan ide topik yang sedang trending.

Adapun di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, topik yang relatif banyak diminati adalah seputar pemanfaatan internet dan teknologi untuk mendapatkan benefit ekonomi. Jadi, jika ingin menarik banyak peserta webinar kamu bisa menggunakan ringkasan tersebut sebagai ide awal.

2.Siapkan Fasilitas Pendukung Webinar

Event online bukan berarti tidak memerlukan persiapan sama sekali. Walaupun tidak seribet seperti persiapan melakukan seminar offline, namun kamu tetap harus melakukan persiapan alat, koneksi, dan mematangkan materi yang tidak membuat penonton cepat bosan.

3.Tentukan Platform Webinar

Memilih platform webinar sangat penting dilakukan agar audiens merasa lebih nyaman ketika mengikuti event. Tercatat saat ini ada beberapa pilihan yang bisa digunakan, mulai dari Zoom Meeting, Google Hangout hingga YouTube Streaming.
Tips dari kami, gunakanlah platform yang memiliki banyak pengguna serta paling mudah diakses, karena hal tersebut akan sangat membantu untuk meningkatkan kepuasan peserta. Kamu tentu tidak mau ketika di tengah acara webinar platform mengalami kendala?

4.Tentukan Jadwal yang Tepat

Kapan jadwal yang tepat untuk menggelar acara webinar? Jawabannya tentu bergantung pada lini bisnis yang Anda geluti. Untuk bisnis travel agency, momen akhir tahun seperti saat ini mungkin menjadi waktu yang tepat. Pasalnya, selain ada banyak hari libur, orang-orang cenderung ingin tahu tips bepergian dengan aman serta tetap menjaga protokol kesehatan.

 

BERITA REKOMENDASI