Masa Pandemi Covid-19, BNI Syariah Maksimalkan Mobile Banking

YOGYA, KRjogja.com – PT Bank BNI Syariah maksimalkan transaksi digital melalui penggunaan aplikasi Mobile Banking pada masa pandemi Covid-19. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi transaksi langsung yang beresiko terhadap persebaran virus Covid-19.
“Masa pandemi ini kami concern dan dorong masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar, mengarahkan masyarakat untuk bertransaksi di rumah saja melalui Mobile Banking,” tandas Edi Supriyatna, Branch Manager PT Bank BNI Syariah Kacab Yogyakarta, Jumat (22/05/2020) di kantornya.
Fasilitas pada aplikasi Mobile Banking BNI Syariah memiliki fitur lengkap yang dapat digunakan mulai dari transfer sesama Bank BNI Syariah dan antar Bank ; bayar tagihan listrik, telefon, dan air ; bayar asuransi, BPJS Kesehatan, dan pajak dan bayar uang pendidikan hingga bayar pelunasan biaya ibadah haji, zakat, infaq dan shadaqah.
“Fitur semua transaksi ada kecuali ambil tunai saja,” imbuh Edi
Dikatakan Edi, jauh hari sebelum ada pandemi Covid-19, sebetulnya BNI Syariah sudah memiliki aplikasi yang memudahkan nasabah bertransaksi, hanya kesadaran masih belum tinggi. “(Pengguna) naik 30 persen lebih. Nasabah yang tadinya tidak menggunakan Mobile Banking sekarang sudah tahu manfaat dan resiko bila harus ke kantor cabang,” jelasnya.
Meski memaksimalkan penggunaan aplikasi online di tengah pandemi, BNI Syariah Kacab Yogyakarta tetap membuka layanan bagi nasabah yang terpaksa harus datang bertransaksi. Setidaknya ada 11 outlet, kantor cabang, dan kantor cabang pembantu yang tersebar di lima Kabupaten Kota di Yogyakarta guna kemudahan transaksi bagi nasabah.
“Buka rekening saja bisa online, isi biodata dan datang ke cabang langsung dapat no rekening. Tidak perlu proses lama, tidak berlama- lama mengantri karena entry datanya sudah di rumah via aplikasi mobile tadi,” jelasnya.
Selain itu, BNI Syariah juga memiliki fasilitas BNI iB Hasanah Card, yang berfungsi hampir sama seperti kartu kredit konvensional namun menggunakan sistem Ujrah (biaya sewa yang biasanya). “Kartu hasanah card adalah kartu kredit yang sudah memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sistemnya ujrah, nah itu yang membedakan, tidak mengenal istilah bunga,” jelas Edi.
Dengan menggunakan iB Hasanah card, nasabah dapat membeli produk melalui program belanja ke merchant yang sudah bekerjasama dengan BNI Syariah. Berbagai diskon ditawarkan, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari ini.
“Ada program belanja di merchand yang sudah kerjasama dengan BNI Syariah, bisa debet hasanah card diskon khusus dari berbagai merchant,” ungkapnya.
Edi berharap pandemi Covid-19 menjadi moment agar nasabah lebih aware terhadap transaksi digital di rumah saja sehingga mengurangi aktifitas di luar yang berpotensi terhadap persebaran virus. (C-4).

BERITA REKOMENDASI