Media Sosial Tak Cukup Mewakili Bisnis UMKM

YOGYA, KRJOGJA.com – Kemajuan teknologi dan internet telah menciptakan masyarakat digital yang bergantung pada gawai. Fenomena ini membuat pelaku bisnis kini dihadapkan pada marketplace yang lebih luas. Tidak cukup mengandalkan media sosial, pelaku bisnis harus dapat mengoptimalkan semua platform salah satunya adalah website.

Oleh karenanya, Nigahoster bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Yogyakarta menyelenggarakan Website Sharing Session for Business (Webseries) pada Kamis, 14 Maret 2019 di aula PLUT-KUMKM Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh UMKM binaan PLUT Yogyakarta dan para pelaku bisnis rumahan di Kota Yogyakarta. Diskusi juga menghadirkan empat narasumber yaitu Bob Setyo (Owner Optimizer Web Agency), A Sofal KH (Community Relations Officer Nigahoster), Agung Purwandono (Pemimpin Redaksi KRJogja.com), dan Budi Seputro (Owner Sate Ratu).

A Sofal KH memaparkan bahwa para pelaku bisnis seharusnya tidak hanya mengandalkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp karena tidak semua orang mengakses media sosial. Semua kesempatan harus diambil, salah satunya adalah mengoptimalkan website.

Sependapat degan A Sofal KH, Budi Seputro yang juga salah satu pemilik UMKM menyatakan bahwa media sosial tidak cukup mewakili. Oleh karenanya, ia membuat website untuk dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Sometimes, penjual berpikir bahwa marketplace sekarang sudah cukup, padahal ke depannya pasti akan tambah banyak persaingan,” papar Budi.

Budi memaparkan bahwa masih banyak pelaku bisnis yang belum menyelami marketplace di internet. Padahal, ia yakin banyak pengusaha yang memiliki produk dan program yang bagus, hanya saja tidak terekspos lebih optimal.

Oleh karenanya, Budi mengajak UMKM dan pelaku bisnis segera membuat website selama ada dana. Walau di awal dampaknya tidak ada, ia yakin pasti akan ada dampak secara bertahap. Web juga dapat dijadikan investasi domain. Apabila ratingnya naik, web itu bisa dijual. (KRA-09)

BERITA REKOMENDASI