Memperkuat ‘Daya Saing’ Untuk Bertahan Selama Pandemi

Belum lama ini juga dijalin komunikasi yang erat antara Dinas Koperasi UKM DIY bersama BPJS Ketenagakerjaan dan Telkomsel dalam rangka memberikan insentif ketenagakerjaan bagi pelaku UMKM. Semakin banyak pihak swasta yang digandeng, maka akan semakin bagus peran mereka dalam membantu langkah pemerintah daerah di tengah keterbatasan anggaran.

Skema “Daya Saling” merupakan langkah kolaboratif yang menunjukkan implementatif pentahelix dalam menyokong pembangunan daerah untuk menyelesaikan permasalahan daerah. Upaya tersebut juga merambah antara Dinas Koperasi UKM DIY dengan pihak perguruan tinggi, melalui sokongan mahasiswa magang yang rutin selama kampanye program markethub bebas ongkos kirim. Mahasiswa asal tujuh perguruan tinggi yaitu UGM, UNY, UMY, UAD, UPN Yogyakarta, STIE YKPN dan Universitas Aisyah Yogyakarta; pernah dan sedang mengirimkan mahasiswanya dalam membantu program markethub ini selama 2020 hingga 2021.

Harapannya, langkah-langkah yang elaboratif dengan skema kolaboratif ini menjadi nafas baru dalam melakukan pola-pola pembangunan daerah terpadu. Harus diakui, langkah Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi UKM DIY sangat terbantu dengan strategi “Daya Saling” yang saling mendukung, saling menguatkan, saling memberi, saling menerima dan tidak pernah putus asa dalam berjuang bersama-sama memulihkan ekonomi dari pageblug ini. Semoga pageblug ini bisa berakhir pada tahun 2021 dan kondisi akan kembali normal kembali. (Sal)

BERITA REKOMENDASI