Okupansi Capai 90 Persen, Wisatawan Disarankan Reservasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Tingkat hunian alias okupansi rata-rata perhotelan baik bintang maupun non bintang di DIY sudah mencapai di kisaran 90 persen saat ini. Selain mulai pulihnya okupansi, tarif atau harga kamar sudah kembali normal sehingga disarankan bagi wisatawan agar terlebih dahulu melakukan reservasi kamar sebelumnya agar tidak kesulitan mendapatkan kamar di masa liburan sekolah saat ini.

Wakil Ketua Bidang Perhotelan BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Heryadi Bai’in mengatakan okupansi perhotelan di DIY mulai membaik seiring masa transisi dari pandemi ke endemi. Meskipun secara aturan masih menggunakan PPKM berlevel, dimana DIY masuk wilayah PPKM level 2.

” Pemerintah pun sudah melonggarkan sejumlah aturan seperti syarat perjalanan wisatawan, penggunaan masker hingga dibukanya penerbangan internasional. Melihat kondisi ini, kondisi okupansi perhotelan DIY sudah sangat baik dan ramai dibandingkan daerah lain, rata-rata di kisaran 90 persen di weekday maupun weekend,” tuturnya di Yogyakarta, Minggu (3/7/2022).

Heryadi menyampaikan DIY lebih banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan daerah lainnya sebab mudah dijangkau dan terbukti ngangenin. Selain itu, industri perhotelan kembali bernafas dengan banyaknya kegiatan MICE berskala nasional dan internasional sudah banyak diselenggarakan secara offline di DIY dengan tetap menaati protokol kesehatan.

“Harga atau tarif hotel di DIY sendiri juga sudah kembali normal seperti sebelum pandemi yang sempat direvisi irama harga yang diterapkan. Sebenarnya kita tidak menaikan harga ketika sedang ramai, jadi harga itu patokannya adalah flowrate jumlah kamar yang dijual dan tidak pernah melebihi harga tersebut. Jadi jangan heran harga kamar saat pandemi Rp 700 ribu menjadi Rp1,7 juta per malam sekarang,” tandas Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DIY ini.

BERITA REKOMENDASI