Pemulihan Ekonomi DIY, Optimalkan Program UMKM Naik Kelas Terdampak Pandemi

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY terus berupaya melaksanakan program UMKM naik kelas di masa pandemi Covid-19. Program UMKM naik kelas ini sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi terdampak pandemi, khususnya sektor UMKM di DIY.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait berupaya membantu sektor UMKM yang terdampak pandemi supaya bisa bangkit guna mendorong pemulihan ekonomi di DIY. Pihaknya pun telah melakukan berbagai langkah seperti mendorong ng pendataan bagi UMKM dan pembinaan bagi UMKM untuk bergabung dalam ekosistem e-commerce melalui pengembangan “SiBakul Jogja”.

” Dari Data yang ada sudah sekitar 300.000 UMKM di DIY mendaftar di sistem SiBakul Jogja sejauh ini. Kami pun memberikan subsidi ongkos kirim (ongkir) mencapai Rp 2,3 miliar bagi pemasaran produk-produk UMKM ke seluruh wilayah Indonesia dan Luar Negeri selama 2020 hingga 2021. Harapannya mampu mendorong perekonomian daerah senilai 7 kali lipatnya atau sekitar Rp 16 miliar yang berputar,” paparnya di Yogyakarta, Jumat (20/8/2021).

BERITA REKOMENDASI