Penelitian ISEI Sebut Ekonomi Indonesia Lebih Baik Dibandingkan Tahun Lalu

YOGYA, KRJOGJA.com – Tingkat penyebaran Covid-19 tahun 2021 ini jauh lebih buruk dibanding tahun lalu. Namun demikian, penelitian yang dilakukan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menunjukan perekonomian Indonesia tahun 2021 ini masih lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Ketua Bidang I ISEI, Anggito Abimanyu, konferensi pers pelaksanaan “Kongres ISEI XXI dan Seminar Nasional,”yang digelar secara daring, Jumat (27/8/2010), mengatakan tahun ini perekonomian Indonesia lebih tangguh menghadapi dampak pandemi, dibandingkan tahun lalu. Kesimpulan tersebut diambil atas penelitian ISEI daerah yang jumlahnya mencapai 47.

“Ini adalah riset dari ISEI cabang, memberikan respon kepada beberapa pertanyaan, apakah kondisi PPKM hari ini lebih baik secara makro ekonomi, secara pertumbuhan ekonomi, secara pertumbuhan UKM dibandingkan tahun lalu. Saya kira cukup menarik, bahwa ini saya hanya mengagregasi. Secara umum kondisi ekonomi sekarang lebih resilient, lebih punya daya tahan,” ungkap Anggito.

Sejak masuknya virus Corona pada awal tahun 2020 lalu, pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tahun ini, pembatasan masih juga dilakukan dalam bentuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dampaknya diprediksi ini secara ekonomi tidak seburuk tahun lalu.

“Nanti akan kita sampaikan ke pemerintah melalui ketua umum terpilih. Inilah potret kajian yang mungkin belum banyak dilakukan pemerintah. Ada beberapa metodologi yang dibuat, korelasi antara mobilitas dan pemulihan ekonomi, ada surveynya, ada data-data yang dikumpulkan, cukup menarik,” sambung Anggito.

BERITA REKOMENDASI