Peringkat Investment Grade Tanda RI Diakui Dunia

JAKARTA,KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kenaikan peringkat Indonesia menjadi layak investasi atau investment grade dari lembaga pemeringkat internasional Standard & Poors (S&P). Presiden berharap dengan naiknya peringkat ini membuat investasi asing deras mengalir ke Indonesia.

Jokowi menjelaskan, kenaikan peringkat ini merupakan sebuah kepercayaan yang sangat besar yang diberikan kepada Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa dunia internasional mengakui bahwa tata kelola keuangan Indonesia semakin baik fiskal baik di sisi fiskal maupun moneter.

Dunia internasional juga mengakui pemerintah dalam menjaga stabilitas politik dan stabilitas keamanan. “Masyarakat semakin dewasa. Masyarakat semakin matang dalam berpolitik ini juga dilihat oleh mereka,” jelas dia, seperti dikutip di laman setkab.go.id, Sabtu (20/5/2017).

Dengan adanya kepercayaan tersebut, maka arus investasi akan semakin deras mengalir ke dalam negeri. Arus investasi ini tentu berdampak positif kepada perekonomian. salah satu dampak yang bakal langsung terlihat adalah mendorong peningkatan lapangan kerja.

Selain itu, dengan adanya kepercayaan tersebut maka akan mendorong penurunan biaya bunga. “Sehingga meringankan beban dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ini penting untuk menambah optimisme kita terhadap pertumbuhan ekonomi,” tambah dia.(*)

BERITA REKOMENDASI