Permintaan dan Perubahan Cuaca, Picu Fluktuasi Harga Cabai dan Telur Ayam

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Secara umum kondisi perkembangan harga bahan pokok pangan di DIY dalam kondisi stabil pada pekan ketiga Juli 2021. Namun, fluktuasi harga masih mewarnai beberapa komoditi bahan pangan terutama komoditas hasil pertanian seperti cabai dan telur ayam ras. Fluktuasi harga ini dipicu permintaan konsumen dan perubahan cuaca, sedangkan dari sisi ketersediaan dipastikan tercukupi bagi kebutuhan masyarakat DIY.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto mengatakan secara umum harga komoditi bahan pokok pangan stabil dari hasil pemantauan yang dilakukan di tiga pasar rakyat di Kota Yogyakarta yaitu Beringharjo, Kranggan dan Demangan. Walaupun, masih terjadi fluktuasi harga pada beberapa komoditi tertentu seperti telur ayam dan cabai saat ini.

 

“Komoditi bahan pokok pangan yang mengalami penurunan harga dialami telur ayam ras dari Rp 23.300 menjadi Rp23.000/Kg yang masih di bawah harga acuan yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 24.000/Kg. Tekanan harga pun dialami cabai merah keriting dari Rp 23.700 menjadi Rp 22.700/Kg dan cabai rawit merah dari Rp 50.700 menjadi Rp 48.700/Kg,” ujarnya di Yogyakarta, Jumat (23/7/2021).

BERITA REKOMENDASI