Pertalite dan Pertamax Kurangi Premium

TANGERANG  (KRjogja.com) – PT Pertamina (Persero) memastikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan RON 90 telah menggeser tingkat konsumsi BBM jenis premium dengan RON 88.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, konsumsi Pertalite kini sudah menggeser premium sebesar 32 persen.

"Pertalite dan Pertamax kurangi premium 30-an persen," kata Bambang di acara GIIAS 2016 di ICE BSD, Kamis (11/8/2016).

Bambang menyebutkan, target pengurangan konsumsi Premium mencapai 50 persen sampai akhir 2016. Sedangkan untuk varian baru, yakni Pertamax Turbo diharapkan bisa menggeser konsumsi Premium sebesar satu persen.

Menurut Bambang, Pertamax Turbo yang rencananya akan dipasarkan Rp8.700 per liter tidak menjadi kendala bagi masyarakat. "Karena masyarakat kita kan milenia, milenia adalah kelompok yang pada tahap perbaikan, termasuk kelestarian alam dan rasional, jadi mereka enggak lihat harga per liter, tapi per produk, apalagi (Pertamax Turbo) ramah lingkungan," tambahnya.

Guna menurunkan konsumsi premium, kata Bambang, Pertamina tidak akan melakukan penghapusan, melainkan menggunakan proses pemilihan masyarakat secara langsung. "Kita enggak hapus Premium sampai masyarakat yang pilih, sampai pengusaha mikir enggak untung jual Premium kalau turun terus," katanya.

Menurut Bambang, konsumsi BBM jenis Pertalite sampai saat ini telah mencapai 18 ribu KL, Pertamax mencapai 15 ribu KL per hari atau totalnya menjadi 34 ribu kl per hari. Sedangkan Premium saat ini menjadi 70 ribu KL per hari atau turun dari yang sebelumnya 90 ribu KL per hari. (*)

BERITA REKOMENDASI