Pertamina Akan Punya Kilang Canggih Di Asteng

JAKARTA (KRjogja.com) – PT Pertamina (Persero) mendapatkan beberapa tugas berat. Selain harus menyediakan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di seluruh Indonesia, Pertamina juga harus memastikan Indonesia bisa mencapai ketahanan energi. 

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rahmad Hardadi mengatakan, untuk merealisasikan tugas tersebut, Pertamina mendapatkan sejumlah permasalahan yang harus dibenahi. Salah satunya adalah keterbatasan infrastruktur kilang untuk menunjang ketahanan energi nasional.

"Untuk itu diperlukan sebuah penguatan infrastruktur energi dan dukungan fungsi BUMN yang berperan dalam pemenuhan kebutuhan energi dan mewujudkan ketahanan energi nasional," tuturnya dalam acara Pertamina Energy Forum 2016 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (14/12/2016). 
Rahmad menjelaskan, untuk saat ini pertamina tengah membangun kilang di beberapa lokasi di Indonesia dengan target produksi lebih dari 2 juta barel minyak per hari pada 2023. Ada empat strategi pembangunan infrastruktur kilang, yakni optimasi infrastruktur yang ada, Refinery Development Master Plant (RDMP), New Grass Roots Refinery (NGRR) dan merevitalisasi kilang yang sudah ada. (*)

 

BERITA REKOMENDASI