Pertanian, Penyelamat Resesi Ekonomi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah mendorong masyarakat untuk menjadikan sektor pertanian sebagai lokomotif penyelamat Indonesia dari resesi ekonomi. Hal itu dikarenakan keberadaan sektor pertanian memiliki kontribusi paling tinggi dalam menyelamatkan pertumbuhan ekonomi. Untuk itu dalam masa pandemi Covid-19, yang terpenting adalah mempertahankan kemandirian pangan.

“Sebenarnya pengembangan agribinis pertanian mulai dari hulu sampai hilir itu bisa menumbuhkan perekonomian. Selain letak geografis Indonesia juga menguntungkan, (berada di daerah tropis). Sehingga hampir semua tanaman bisa dikembangkan di wilayah tersebut, jadi cukup efektif untuk pengembangan,” kata pengamat pertanian dari Akademi Pertanian (Apta) Yogyakarta Supriyati MP di Yogyakarta, Selasa (18/8).

Supaya keberadaan sektor pertanian bisa memberikan kontribusi maksimal dan menyelamatkan Indonesia dari resesi, petani diharapkan bisa meningkatkan produksinya baik melalui intensifikasi lahan pekarangan, sawah maupun tegalan. Selain itu juga bisa ektensifikasi dengan pembukaan lahan baru seperti lahan marginal, lahan gambut dan lain-lain.

“Selain beberapa hal di atas, strategi lain yang bisa dilakukan adalah pemanfaatan teknologi di bidang pertanian. Terutama dalam produksi tanaman pangan baik padi, palawija maupun hortikultura. Seperti pengembangan budidaya hidropnik untuk sayuran, seperti yang saat ini dilakukan,” ungkap Supriyati. (Ria)

BERITA REKOMENDASI