PLN Cepat Atasi Gangguan Saat Lebaran

SEMARANG KRJOGJA.COM – Gangguan aliran listrik PLN saat Lebaran, Minggu (25/6/2017) terjadi di wilayah Semarang Selatan karena dua kasus yang tidak terduga dan dapat membahayakan masyarakat apabila petugas tidak mengambil langkah pemadaman.

Kasus pertama muncul di wilayah pasar Peterongan pada Minggu sekitar pukul 03.00 WIB dimana terjadi kasus rumah terbakar. Petugas PLN langsung mengamankan jaringan suplai ke wilayah tersebut dengan melakukan pemadaman sekitar pukul 03.12 WIB. Karena kesigapan petugas Pelayanan Teknis yang ada di Rayon Semarang Tengah, pemadaman bisa dilokalisir hingga di Sambungan Rumah (SR) saja.

Pemadaman terjadi tak begitu lama di rute jaringan suplai listrik antara lain Sompok, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Kompol Maksum, sebagian Jalan Ahmad Yani, wilayah Cinde, Tanah Putih, Singotoro, Lamper Lor, Wonodri, Dr Cipto, Halmahera, Wonodri Baru dan Bungangan. Karena kesiapan dan kesigapan petugas, akhirnya pemadaman akibat terjadinya kasus kebakaran tersebut tak berlangsung lama dan tak sampai mengganggu masyarakat ibadah shalat Id.

Pukul 10.26 WIB petugas selesai melakukan penagananan di sambungan rumah lokasi terjadinya kebakaran, di kawasan Pasae Peterongan Semarang. Pada jam 09 41 WIB juga terjadi listrik padam di sekitar wilayah Perintis Kemerdekaan, Perum Piudak Payung Asri serta wilayah Kodam IV Diponegoro dan Karangrejo. 

Sulistyo menggambarkan bahwa kejadian gangguan pada jaringan kabel listril PLN dapat terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi karena faktor alam. Bisa karena cuaca, seperti hujan yang disertai angin kencang. Kondisi alam tersebut seringkali menjadi penyebab gangguan, contoh yang seringterjadi anging kencang yang mengakibatkan ranting atau dahan tumbang dan menimpa jaringan kabel. (Cha)

BERITA REKOMENDASI