Pola Utama Distribusi Komoditas Strategis DIY Sama

YOGYA, KRJOGJA.com – Pola utama distribusi perdagangan komoditas strategis yaitu beras, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir di DIY memiliki jumlah rantai utama yang sama seperti tahun sebelumnya yaitu tiga rantai utama. Sedangkan Margin Perdagangan dan Pengangkutan Total (MPPT) DIY 2020 untuk komoditas beras sebesar 17,78 persen, telur ayam ras 10,72 persen, minyak goreng 13,96 persen dan gula pasir 12,02 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Sugeng Arianto mengatakan pola utama distribusi perdagangan komoditas strategis 2020 antara lain beras dari Produsen-distributor-pedagang eceran-konsumen akhir dan telur ayam ras dari produsen-pedagang grosir-pedagang eceran-konsumen akhir. Selanjutnya, minyak goreng dari luar Provinsi-distributor-pedagang eceran-konsumen Akhir dan gula pasir dari produsen-distributor-pedagang eceran-konsumen akhir.

“Komoditas strategis yang terpilih adalah beras, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir sebab merupakan komoditas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dan memiliki peran besar dalam pembentukan inflasi. Selain itu, komoditas yang mempunyai kontribusi cukup besar dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB),” tuturnya di Yogyakarta, Minggu (21/11/2021).

BERITA REKOMENDASI