Pola Utama Distribusi Komoditas Strategis DIY Sama

Sugeng menyampaikan MPPT komoditas beras mencapai 17,78 persen maka mengindikasi kenaikan harga beras dari produsen (penggilingan padi) sampai ke konsumen akhir berdasarkan pola utamanya sebesar 17,78 persen. Pola utama distribusi perdagangan telur ayam ras tahun 2020 memiliki jumlah rantai dan pelaku perdagangan yang sama seperti pola utama tahun 2018, dengan MPPT mengalami penurunan sebesar 26,83 persen.

“Pola utama distribusi perdagangan minyak goreng pada 2020 memiliki jumlah rantai yang sama seperti pola utama 2018, tetapi ada perubahan pada pelaku usaha yang terlibat dan MPPT mengalami penurunan 1,59 persen. Pola utama distribusi perdagangan gula pasir juga sama seperti minyak goreng MPPT mengalami penurunan 7,36 persen,” jelasnya.

Pola utama diasumsikan sebagai representasi pola distribusi perdagangan komoditas pada suatu wilayah yang dihubungkan sejumlah rantai pedagang perantara yang terlibat dalam pendistribusian komoditas dari produsen hingga ke konsumen akhir. Selain itu, pada pola utama dapat diperoleh MPPT yang mengindikasikan kenaikan harga dari produsen hingga ke konsumen akhir yang dihitung berdasarkan MPP setiap pelaku perdagangan yang terlibat. (Ira)

BERITA REKOMENDASI