Potensi UMKM Ekspor Tinggi di DIY-Jateng, Digital Marketing Jadi Solusi

Disebutkan PT Yoshugi mampu meraih produk brand beauty terbaik pada Oktober 2019. “Ternyata market Indonesia bagus hingga kemudian di masa pandemi jika tidak bergerak bisa mati kita menggerakkan market lokal dengan memberikan pelatihan UMKM/UKM setiap minggu memberikan edukasi pemasaran dari offline ke online di XT Square offline ke online,” jelasnya.

Menurut Yoyok UMKM bisa menjadi gerakan ekonomi di Yogya dengan menyediakan booth-booth UMKM dalam digital marketing untuk menjual produknya. “Harapannya selain support bank, juga perlu peran anak muda dengan modal nekad tetapi punya terobosan pemikiran pengembangan produk,” ujarnya.
Sedangkan Timbul sebagai produsen/eksportir kerajinan sejak 1998 menyebutkan melalui pembelajaran digital marketing dia juga menciptakan desain-desain baru dengan menggandeng UMKM yang diterima pasar ekspor.

“Digital marketing saat pandemi dilakukan secara masif, awal pandemi sama-sama klenger karena buyer dan suplier dibatasi bertemu. Tidak betah dalam kondisi ini kita mulai nekad bergerak lagi diantaranya dengan menggelar pameran digital juga mengikuti ajang kompetisi di luar negeri dan meraih banyak penghargaan hingga kondisi saat ini mulai membaik kembali,” ucap Timbul. (R-4)

BERITA REKOMENDASI