Qatar Impor Bahan Makanan dari Indonesia, Ini Daftarnya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kondisi geopolitik Qatar memberi peluang ekspor Indonesia, di mana Qatar kini memperluas impor bahan makanan dari Tanah Air.

Kesepakatan ini dibahas dalam pertemuan antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan dengan Qatar Investment Authority (QIA) di Kantor Kemenko Kemaritiman hari ini.

"Tadi itu (rapat bahas) food security, ketahanan makanan, di bidang beras, sayur-sayuran, buah-buahan, ikan. Jadi kita jualan ke Qatar," ujar Deputi Bidang Kedaulatan Maritim Arif Havas Oegroseno di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Havas mengatakan, kondisi geopolitik Qatar membuat negara ini memperluas pasokan pangan negaranya. 

Seperti diketahui, Qatar dikucilkan dan diembargo oleh negara-negara Arab pimpinan Arab Saudi, padahal Qatar banyak menggantungkan impor bahan makanan dari negara-negara tersebut.

"Karena dia (Qatar) kan diembargo sama negara tetangganya, dia ingin sumber food (sumber makanan lain)," jelas dia.

Kendati demikian, dirinya tak dapat memastikan secara spesifik jenis dari komoditas yang akan dieskpor Indonesia ke Qatar. Sebab, kata dia, ini baru langkah awal dan pihaknya masih melihat lebih lanjut terkait kebutuhan pangan Qatar. Maka, nilai ekspor makanan ini pun belum dapat dipastikan.

"Kita kan ada tim teknis melihat apa saja yang dibutuhkan. (Nilainya) enggak tahu, baru rencana, kita juga ingin tahu apa yang dibutuhkan secara spesifik," kata dia. 

Selain soal impor makanan, pertemuan ini juga membahas lebih lanjut investasi Qatar di Indonesia diantaranya pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang nilai investasinya sebesar Rp13 triliun. (*)

BERITA REKOMENDASI