Ramadan, Bulog Datangkan 5000 Ton Daging Kerbau

JAKARTA, KRJOGJA.com  – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog akan mendatangkan daging kerbau beku dari India sebanyak 5 ribu ton Minggu ini. Impor daging kerbau ini merupakan tahap awal dari total rencana impor daging kerbau beku India sebanyak 51 ribu ton. 

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Karyawan Gunarso mengatakan, saat ini ketersediaan daging kerbau beku India sebanyak 35 ribu ton. Impor daging kerbau beku India dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan daging dalam negeri selama bulan Ramadan hingga lebaran.

"Dari 51 ribu ton ini, yang 5 ribu ton akan kita datangkan, menambah yang 35 ribu, secara bertahap sehingga Minggu depan kita sudah punya 40 ribu ton," ujarnya di Galeri Nasional, Jakarta, Minggu (28/5/2017). 

Hingga saat ini, Bulog telah memiliki ketersediaan daging kerbau beku sebanyak 35 ribu ton. Wawan, sapaan akrabnya, melanjutkan dengan total impor daging kerbau beku India maka total ketersediaan daging kerbau dalam negeri sebanyak 86 ribu ton. 

Animo masyarakat terhadap daging kerbau beku India menurutnya cukup tinggi. Dari awal total yang digelontorkan kepada masyarakat sebanyak 70 ribu ton, sekarang sisa 35 ribu. Sementara sisanya, 35 ribu cukup aman untuk kebutuhan Ramadan ini. Daging kerbau beku ini, lanjutanya, adalah langkah pemerintah untuk memberikan pilihan kepada masyarakat terkait dengan pemenuhan kebutuhan protein buat masyarakat. 

"Jadi masyarakat bisa memilih daging sapi yang segar dengan harga katakanlah sekarang ini diatas Rp160 ribu atau daging kerbau dengan karakter karbohidrat lebih sedikit lemak lebih sedikit pun tapi serat lebih tinggi jadi ini pilihan bagi masyarakat," tukas dia. (*)

BERITA REKOMENDASI